Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Sepi, Airbus Kembali Pangkas Produksi Pesawat Jumbo A380

Kompas.com - 18/10/2016, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

PARIS, KOMPAS.com - Produsen pesawat asal Perancis, Airbus, telah mengonfirmasi keinginannya untuk memangkas jumlah produksi pesawat superjumbo seri A380 hanya menjadi 1 unit per bulan. Pemangkasan produksi pesawat A380 ini akan dimulai pada tahun 2018.

CEO Airbus Fabrice Bregier menyatakan permintaan pesawat A380 cenderung sepi. Pada bulan Juli 2016 lalu, Bregier menyatakan pasar untuk pesawat besar sekelas A380 sangat tipis dan mencari pembeli baru jauh lebih lama ketimbang perkiraan sebelumnya.

Mengutip CNBC, Selasa (18/10/2016), kepala program A380 Alain Flourens mengonfirmasi pemangkasan produksi pesawat tersebut.

Menurut Flourens, langkah tersebut akan membantu mempermudah pengiriman pesawat pesanan yang tertunda.

Saat ini, Airbus merakit 2 - 3 pesawat A380 per bulan. Akan tetapi, tampaknya maskapai penerbangan Qantas dan Air France membatalkan pesanan.

Pesawat superjumbo A380 memang populer di kalangan mereka yang gemar bepergian. Akan tetapi, sebagian besar maskapai penerbangan cenderung lebih memilih pesawat model twin-jet yang lebih kecil, karena lebih efisien dalam hal bahan bakar dan bisa mengakses lebih banyak bandara.

Saham Airbus sempat merosot pekan laku setelah tiga broker besar mempublikasikan proyeksi mereka tentang Airbus.

Dalam proyeksi tersebut dikatakan bahwa laba dan pendapatan Airbus pada kuartal III 2016 paling tidak akan tergelincir minimal 12 persen.

Deutsche Bank, Natixis, dan JPMorgan menyatakan biaya operasional juga diprediksi meningkat. Hal ini mendorong kemungkinan perlambatan di industri penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com