Kompas.com - 18/10/2016, 15:26 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorM Fajar Marta

MIANGAS, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Pulau Miangas di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, Rabu (19/10/2016). Jokowi akan menjadi Presiden RI pertama yang mengunjungi Miangas.

Sebelumnya, yang berkunjung ke Miangas adalah para Wakil Presiden, yakni Muhammad Hatta pada tahun 1960-an dan Try Sutrisno.

Menurut keterangan Biro Pers Istana, Jokowi akan datang ke Miangas pada pukul 09.00 WITA dari Manado. Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi akan meresmikan tiga bandar udara yakni Bandar Udara Miangas di Pulau Miangas, Bandar Udara Tanjung Api Tojo Una-una di Ampena dan Bandar Udara Kasiguncu di Poso.

Selepas meresmikan tiga bandara tersebut, Jokowi akan berkeliling untuk menyapa masyarakat sekitar. Setelahnya Jokowi akan kembali ke Manado. Jokowi ditemani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Miangas menjadi pusat peresmian tiga bandar udara tersebut mengingat letaknya sebagai pulau perbatasan paling utara di Indonesia dan hanya berjarak 48 mil dari Filipina. Pembangunan Bandar Udara Miangas bertujuan untuk prasarana pertahanan dan keamanan serta untuk distribusi pangan.

Bandar Udara Miangas selesai dibangun pada 2015. Pada tahun tersebut, nilai investasi yang digelontorkan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mencapai Rp 55 miliar. Jika dirunut sejak 2012, maka total investasi pembangunan Bandar Udara Miangas oleh Kemenhub sudah mencapai Rp 215 miliar.

Kemenhub juga membangun sejumlah bandar udara seperti Bandar Udara Dekai di provinsi Papua. Nilai investasinya totalnya sekitar Rp 230 miliar.

Lalu Bandar Udara Tanjung Api Tojo Una-una di Ampena, dengan nilai invstasi total Rp 76,47 miliar sejak 2010. Kemudian Bandar Udara Kasiguncu di Poso dengan nilai investasi total Rp 102,29 miliar sejak 2013.

Sekadar informasi, Jokowi mendorong percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di penjuru Indonesia, khususnya di wilayah perbatasan.

Menurut Jokowi, konektivitas antardaerah sangat penting, sebab akan menjadi kunci pertumbuhan ekonomi daerah itu.

Beberapa waktu sebelumnya, Jokowi sudah meresmikan bandar udara di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

"Kabupaten yang di pinggir-pinggir inilah yang akan kita kembangkan agar konektivitas tetap terjaga dan yang paling penting inilah yang mempersatukan bangsa kita," ujar Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.