Kompas.com - 19/10/2016, 12:00 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BEIJING, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi China tetap stabil pada posisi 6,7 persen selama kuartal III 2016.

Capaian ini berada dalam kisaran target pertumbuhan yang dipatok pemerintah China, yakni antara 6,5 persen hingga 7 persen pada tahun 2016.

Rilis pertumbuhan ekonomi ini menunjukkan berlanjutnya pergeseran ekonomi China menuju ekonomi berbasis konsumsi.

Mengutip Bloomberg, Rabu (19/10/2016), belanja investasi terus berlanjut, didorong oleh sektor publik. Sementara itu, investasi swasta cenderung tertekan lantaran adanya masalah tingkat utang yang tinggi.

Dengan stabilitas pertumbuhan ekonomi tersebut, maka ada ruang bagi kebijakan yang bertujuan mengatasi krisis finansial berlebih.

Sementara itu, penjualan ritel naik 10,7 persen, sesuai dengan rerata proyeksi. Adapun investasi aset tetap naik 8,2 persen selama bulan Januari hingga September 2016.

Investasi masih didominasi sektor publik yakni tumbuh 21,1 persen, sementara sektor swasta hanya 2,5 persen.

"Ekonomi terus stabil didukung oleh investasi sektor publik. Masih ada risiko penurunan yang dapat menghadang pertumbuhan," ujar Julia Wang, ekonom di HSBC Holdings Plc di Hong Kong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.