Tulus Kembalikan Ponsel, Pegawai "Commuter Line" Ini Temukan Sahabat dari Jepang

Kompas.com - 20/10/2016, 07:42 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalin sebuah persahabatan itu tidak mengenal akan jarak. Pernyataaan itu sangat pas menggambarkan persahabatan antara pria asal Indonesia Syahri Rochmat dengan mahasiswa dari Jepang Shota Noda. 

Persahabatan mereka tidak pernah direncanakan. Hanya gara-gara sebuah ponsel persahabatan kedua orang yang berjarak 5.800 kilometer itu terjalin. 

Persahabatan mereka berawal dari Syahri Rochmat yang menemukan sebuah dompet saat dirinya sedang memeriksa gerbong kereta api yang baru dikirim dari Jepang.

Dalam dompet tersebut, Rochmat panggilan akrabnya menemukan satu ponsel dan sebuah kartu mahasiswa dengan berbahasa Jepang. 

Rochmat  adalah sebuah pegawai maintenance PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) yang bertugas untuk memeriksa gerbong kereta api yang baru didatangkan dari Jepang.

Pada Desember 2015, Rochmat berkesempatan untuk memeriksa kereta Nanbu Line yang dikirim dari Jepang.

Rochmat langsung membawa pulang dompet yang ditemukannya. Sebelumnya, Rochmat telah beberapa kali menemukan ponsel saat dirinya memeriksa gerbong kereta dari Jepang.

Namun, sayangnya ponsel yang ditemukannya tidak disertai kartu indetitas. Sehingga, Rochmat hanya menyimpan ponsel yang beberapa kali ditemukannya.

Akan tetapi, pada kali ini Rochmat menemukan ponsel yang disertai dengan kartu indetitas. Sehingga, niat tulus dan sifat kejujuran yang dimiliki Rochmat yang membuat dirinya tergugah untuk mengembalikan ponsel dan kartu indetitas tersebut.

"Setelah menemukan ponsel, saya tidak pernah terpikir untuk menjualnya. Saya hanya berpikir bagaimana cara saya untuk mengembalikan ponsel dan kartu indetitas itu," ujar Rochmat kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (19/10/2016). 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.