Tahun 2017, Suku Bunga Dana Bergulir untuk UKM Turun di Bawah 7 Persen

Kompas.com - 20/10/2016, 14:08 WIB
Ilustrasi: Barang-barang buatan UMKM KOMPAS.COM/IKA FITRIANAIlustrasi: Barang-barang buatan UMKM
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) akan menurunkan suku bunga kredit hingga di bawah tujuh persen pada 2017.

Hal ini dilakukan seiring dengan rencana pemerintah yang akan menurunkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari 9 persen menjadi 7 persen di 2017.

"Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bunga KUR akan turun menjadi tujuh persen pada tahun depan. Ini yang akan kami ikuti. Karena kalau bunga kredit tidak turun, LPDB jadi tidak menarik lagi," ujar Direktur Utama LPDB Kementerian KUKM Kemas Denial dalam acara Temu Mitra Nasional 2016 di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Hingga saat ini Kemenkop UKM tengah melakukan penghitungan terkait berapa bunga kredit yang nantinya akan diterapkan. "Intinya tidak akan terlalu jauh dengan KUR. Angkanya mungkin akan di sekitar 6 persen hingga 6,5 persen. Pokoknya nanti kami lihat lagi," tuturnya.

Kemas mengungkapkan, pemberlakuan bunga kredit terbaru terbaru akan diterapkan pada 2017. "Sebentar lagi. Tahun depan kan tinggal dua bulan lagi. Secepatnya akan kami berlakukan," jelasnya.

Tahun depan, LPDB akan mendapatkan tambaha alokasi dana sebesar Rp 500 miliar. Berdasarkan data LPDB saat ini telah menyalurkan dana bergulir sebanyak Rp 7,5 triliun dari 2008 sampai 2016 kepada lima ribu KUKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.