Bangun Ruang Publik Terpadu, Tanoto Foundation Diapresiasi Pemprov DKI Jakarta

Kompas.com - 21/10/2016, 14:22 WIB
TPTRA Akasia yang dibangun oleh Tanoto Foundation, diresmikan Jumat (21/10/2016). Dok. Tanoto FoundationTPTRA Akasia yang dibangun oleh Tanoto Foundation, diresmikan Jumat (21/10/2016).
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanoto Foundation bersama Pemprov DKI Jakarta meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Akasia di Kelurahan Tebet Barat, Jakarta Selatan, Jumat (21/10/2016).

Ruang publik tersebut memiliki luas 2.400 meter persegi dan dilengkapi dengan fasilitas ruang serbaguna, perpustakaan, taman bermain anak, lapangan futsal, taman dan kolam nutrisi, serta amphiteater.

Menurut Ketua Pengurus Tanoto Foundation, Sihol Aritonang, dengan dibangunnya RPTRA Akasia, pihaknya berharap anak-anak di Tebet Barat dan sekitarnya bisa bermain dan belajar sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bagi orang tua, fasilitas tersebut diharapkan bisa menjadi tempat berkumpul, bersosialisasi, dan memunculkan ide-ide kegiatan positif.

“Dukungan kami sejalan dengan prinsip dari pendiri Tanoto Foundation, Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto. Mereka percaya bahwa untuk belajar tidak selalu harus di dalam kelas, tetapi juga bisa di lingkungan sekitar kita,” ujar Sihol Aritonang dalam keterangan resminya.

Selain mendukung RPTRA Akasia, Tanoto Foundation juga meresmikan PAUD Cempaka 7 yang berlokasi tidak jauh dari RPTRA Akasia.

Menurut Sihol, pendidikan yang bermutu dan mudah diakses harus tersedia untuk semua lapisan umur. Hal ini sesuai dengan SDGs tujuan ke-4 yaitu Pendidikan yang Berkualitas.

"Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, kami menyadari bahwa perkembangan otak anak terjadi pada 8 tahun pertama setelah kelahiran, " jelas Sihol.

Di Jakarta, Tanoto Foundation telah mendukung 7 PAUD. Dukungan yang diberikan termasuk melatih guru agar dapat mengelola proses pembelajaran dengan baik, perbaikan gedung, penyediaan peralatan belajar dan bermain (indoor dan outdoor), dan penyediaan buku bacaan.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam sambutannya mengatakan, mau tidak mau, Jakarta tumbuh menjadi kota modern. Nantinya, setiap keluarga punya kesibukan dan kepentingan masing-masing sehingga orang tidak saling peduli.

"Sebelum itu terjadi, saya ingin setiap RW ada satu RPTRA sehingga ada fasilitas bagi warga untuk berkumpul, bersilaturahim, saling peduli, dan saling berbagi. Keberadaan RPTRA sangatlah diperlukan masyarakat,” kata Basuki.

Dalam kesempatan itu, Basuki mengapresiasi dukungan dari pihak swasta seperti Tanoto Foundation. Kerjasama menurut dia, kerja sama seperti ini diperlukan agar lebih banyak lagi anggota masyarakat yang dapat menikmati fasilitas ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X