Simak Tips Berikut Ketika Kamu Mencari Peluang Usaha

Kompas.com - 22/10/2016, 18:00 WIB
Ilustrasi: Wirausaha ThinkstockIlustrasi: Wirausaha
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa membuka usaha baru bukanlah pekerjaan yang mudah. Pastinya kita akan menemukan kesulitan dalam memulainya.

Jangankan memulainya, berpikir untuk memulainya pun kita sudah menemui banyak pikiran mengenai masalah apa yang akan kita temui nanti saat usaha tersebut sudah berjalan; padahal, masalah-masalah tersebut belum tentu kita temui, tergantung dari persiapan dan kegigihan kita sendiri dalam menjalankan usaha tadi.

Lebih buruk lagi pikiran-pikiran yang bersifat negatif ini membuat kita menunda- nunda kita membuka usaha baru sehingga limpahan rejeki yang akan datang kepada kita juga tertunda.

Yang paling buruk, kita bahkan mengurungkan niat kita untuk membuka usaha hanya karena membayangkan rintangan-rintangan yang akan kita hadapi nanti.

Situasi ini sangat tidak menguntungkan bagi kita bahkan bisa memberi pengaruh buruk bagi kehidupa ekonomi kita. Alhasil, keadaan tidak berubah atau bahkan bisa menjadi lebih buruk.

Di awal kita membuka usaha, kita pasti tahu banyak hal yang harus kita persiapkan sebelum kita memulai usaha yang kita inginkan.

Mulai dari jenis usaha yang ingin kita jalankan, produk unik yang akan kita buat, sumber modal dan lain-lain adalah beberapa hal yang harus kita persiapkan dengan baik agar usaha yang kita nanti akan jalankan dapat berdiri kokoh saat badai menerjang.

Nah, buat kamu yang sedang ingin membuka usaha baru, baik itu usaha sebagai penghasilan utama maupun sebagai penghasilan tambahan, artikel ini akan memberi kamu tips-tips untuk kamu dalam mempersiapkan usaha yang ingin kamu kembangkan.

1. Kenali diri

Usaha yang akan kamu jalani sebaiknya berkaitan dengan sesuatu yang kamu sukai sehingga nantinya kamu bisa menjalani usaha kamu dengan sepenuh hati.

Jangan tergiur dengan usaha-usaha orang lain yang memiliki penghasilan tinggi karena kamu belum tetntu menyukai apa yang kamu lakukan dalam usaha tersebut. Jangan membuka peternakan atau penjualan kucing jika kamu alergi terhadap bulu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X