Temui Risma, World Bank Tawarkan Pembiayaan Proyek Transportasi Massal

Kompas.com - 22/10/2016, 20:33 WIB
|
EditorM Fajar Marta

SURABAYA, KOMPAS.com - Perwakilan Word Bank menemui Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di rumah dinasnya, Sabtu (22/10/2016) siang.

Mereka menawarkan pembiayaan pembangunan proyek infrastruktur transportasi massal untuk Surabaya.

Taimur Samad, Program Leader Word Bank untuk Indonesia, mengatakan, bukan hanya pembiayaan yang ditawarkan, pihaknya juga akan membantu analisa studi untuk proyek infrastruktur transportasi massal.

"Kita membicarakan realisasinya, kita siapkan pendanaan seperti yang kami lakukan di negara-negara lain," ucapnya.

Risma sendiri menganggap pembangunan infrastruktur transportasi massal di Surabaya sangat mendesak, untuk mengurangi kemacetan.

"ke depan, warga Surabaya ekonominya akan semakin bagus dan akan mampu beli mobil. Jika dibiarkan Surabaya akan semakin macet," terangnya. 

Dia mengaku Pemkot Surabaya tidak mampu sendirian membiayai pembangunan tersebut, dan membutuhkan dukungan modal dari pihak ketiga. Namun tetap harus seizin Kementerian Perhubungan.

"Tadi World Bank tawarkan pembiayaan, tapi skemanya akan dibahas lagi dengan DPRD," jelasnya.

Surabaya kata Risma sudah memiliki konsep proyek moda transportasi kereta api tengah kota atau trem.

Konsep tersebut sudah dibahas dengan PT KAI maupun Kementerian Perhubungan.  Proyek trem itu melintas sepanjang 17 kilometer membelah kota Surabaya, menggunakan jalur kereta api milik PT KAI yang sudah tidak difungsikan sejak lama.

Jalur KA tersebut antara lain, jalur Diponegoro–Pandegiling–Darmo-Tugu Pahlawan, jalur Pasar Turi-Ujung, serta jalur Wonokromo–Jembatan Merah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.