Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tahun Jokowi-JK, Menko Darmin Klaim Ketimpangan dan Kemiskinan Membaik

Kompas.com - 25/10/2016, 13:42 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memaparkan berbagai kebijakan ekonomi selama dua tahun pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Menurut dia, kebijakan-kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah telah terbukti dan memiliki dampak yang nyata dalam fundamental ekonomi nasional.

"Saya bilang dengan pembangunan infrastruktur dimana-mana itu sekaligus menjawab persoalan ketimpangan," ujar Darmin di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

"Itu sebabnya kalau anda lihat gini rasio relatif membaik bahkan lebih cepat perbaikannya dari pada penurunan tingkat kemiskinan. Turun juga tingkat kemiskinannya, tetapi gini rasio lebih jelas arahnya menurun," lanjut Darmin.

Berbagai kebijakan yang dianggap telah berhasil menurunkan ketimpangan ekonomi dan kemiskinan itu diantaranya yakni gencarnya pembangunan infrastuktur.

Menurut Darmin, pembangunan infrastuktur secara alamiah mampu menggerakan ekonomi. Sebab permintaan barang dan jasa akan meningkat seiring adanya infrastruktur yang baik.

"Jadi tidak perlu cari pasar apalagi ekspornya. Dalam situasi ekonomi (dunia yang) melambat, kami membangun infrastruktur dan walaupun butuh pertama adalah investasi, kedua dia akan jadi penggerak ekonomi dan menggerakkan permintaan," kata Darmin.

Kompas TV Potret Hasil Kepemimpinan 2 Tahun Jokowi-JK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com