Dua Tahun Jokowi-JK, Menko Darmin Klaim Ketimpangan dan Kemiskinan Membaik

Kompas.com - 25/10/2016, 13:42 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memaparkan berbagai kebijakan ekonomi selama dua tahun pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Menurut dia, kebijakan-kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah telah terbukti dan memiliki dampak yang nyata dalam fundamental ekonomi nasional.

"Saya bilang dengan pembangunan infrastruktur dimana-mana itu sekaligus menjawab persoalan ketimpangan," ujar Darmin di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

"Itu sebabnya kalau anda lihat gini rasio relatif membaik bahkan lebih cepat perbaikannya dari pada penurunan tingkat kemiskinan. Turun juga tingkat kemiskinannya, tetapi gini rasio lebih jelas arahnya menurun," lanjut Darmin.

Berbagai kebijakan yang dianggap telah berhasil menurunkan ketimpangan ekonomi dan kemiskinan itu diantaranya yakni gencarnya pembangunan infrastuktur.

Menurut Darmin, pembangunan infrastuktur secara alamiah mampu menggerakan ekonomi. Sebab permintaan barang dan jasa akan meningkat seiring adanya infrastruktur yang baik.

"Jadi tidak perlu cari pasar apalagi ekspornya. Dalam situasi ekonomi (dunia yang) melambat, kami membangun infrastruktur dan walaupun butuh pertama adalah investasi, kedua dia akan jadi penggerak ekonomi dan menggerakkan permintaan," kata Darmin.

Kompas TV Potret Hasil Kepemimpinan 2 Tahun Jokowi-JK
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.