Suku Bunga Acuan Turun, Bagaimana dengan Suku Bunga Kredit?

Kompas.com - 25/10/2016, 16:06 WIB
Direktur Utama BRI Asmawi Syam TRIBUNNEWS.comDirektur Utama BRI Asmawi Syam
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Pekan lalu Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia telah memutuskan penurunan suku bunga acuan atau 7 day reverse repo rate sebesar 0,25 persen atau 25 basis poin. Penurunan ini diharapkan mendorong permintaan kredit.

Menurut Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Asmawi Syam, penurunan 7 day reverse repo rate ini memang sudah ditunggu-tunggu oleh perbankan.

Akan tetapi, ia mengakui dampaknya ke suku bunga kredit tidak bisa dilihat dalam waktu dekat.

“Kalau suku bunga pinjaman, kan bank menganalisa secara total,” kata Asmawi, di Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Tentu saja, kata Asmawi, penurunan 7 day reverse repo rate ini akan menurunkan Cost of Fund (CoF) atau biaya dana bank.

Tetapi CoF ini bukan satu-satunya indikator yang lantas membuat suku bunga pinjaman turun.

Ada komponen lain yang masuk dalam perhitungan menentukan suku bunga kredit, seperti overheat cost, margin, serta risiko kredit macet atau NPL.

Asmawi mencontohkan, BRI telah melakukan upaya untuk menekan overheat cost, yakni dengan membeli satelit dan mengembangkan digital banking.

Selain tidak bisa langsung berdampak pada suku bunga pinjaman, penurunan 7 day reverse repo rate juga tidak langsung memberikan dampak pada suku bunga simpanan.

Asmawi mencontohkan, untuk menurunkan suku bunga deposito, maka perbankan harus menunggu jangka waktu deposito tersebut jatuh tempo.

“Deposito ini ada jangka waktunya. Kalau kebijakan yang diambil menurunkan suku bunga, ya tunggu jatuh tempo kan. Sehingga diperlukan waktu lebih panjang,” ucap Asmawi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X