Di Atas Estimasi, Penjualan iPhone Apple Tembus 45,51 Juta Unit

Kompas.com - 26/10/2016, 10:14 WIB
|
EditorAprillia Ika

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Raksasa teknologi Apple melaporkan penjualan perangkat ponsel iPhone pada periode Juli hingga September 2016 mencapai 45,51 juta unit.

Angka ini berada di atas ekspektasi analis yang memperkirakan penjualan iPhone mencapai 44,8 juta unit. Apple juga memprediksi peningkatan pendapatan selama masa liburan mencapai sekira 76 miliar hingga 78 miliar dollar AS.

Akan tetapi, pendapatan pada kuartal IV 2016 turun 9 persen menjadi 46,85 miliar dollar AS. Ini berarti, pendapatan Apple turun untuk pertama kalinya sejak tahun 2011.

Penurunan ini menyoroti kondisi penurunan pasar smartphone sekaligus semakin intensifnya persaingan, khususnya dengan pesaing dari China.

Direksi Apple menyatakan permintaan produk smartphone baru iPhone 7 cenderung kuat, meski pendapatan untuk kuartal IV 2016 turun di China dan Amerika, dua pasar utama Apple.

Pendapatan dari China daratan anjlok 30 persen setelah turun 33 persen pada kuartal sebelumnya. Padahal, pada periode yang sama tahun sebelumnya, pendapatan dari China meningkat dua kali lipat.

Saham Apple turun tiga persen pada level 114,89 dollar AS pada perdagangan Senin (25/10/2016) waktu setempat. Pendapatan bersih turun menjadi 9,1 miliar dollar AS pada kuartal IV 2016, turun dari sebelumnya 11 miliar dollar AS.

Sepanjang tahun 2016, pendapatan bersih turun menjadi 45,7 miliar dollar AS dari sebelumnya mencapai 53,4 miliar dollar AS.

"Tidak mungkin mengetahui apakah sudah ada dampak dari penghentian produksi Samsung Galaxy Note pada awal bulan ini," jelas Direktur Keuangan Apple Luca Maestri. 

Kompas TV Google Pepet Apple & Samsung dengan Pixel
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC.com
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.