Hingga Akhir Tahun, Tanoto Foundation Targetkan Penyaluran Beasiswa ke 800 Penerima Baru

Kompas.com - 26/10/2016, 14:24 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanoto Foundation menargetkan penyaluran beasiswa mencapai 800 penerima baru sepanjang tahun ini, mulai jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga S2.

Head of Tanoto Foundation Executive Board Sihol Aritonang mengatakan beasiswa tersebut dialokasikan untuk 25 mahasiswa S2, kemudian 370 mahasiswa jenjang S1, 20 mahasiswa D3, serta 385 siswa SD hingga SMA. Durasi beasiswa adalah sampai penerima menyelesaikan jenjang pendidikannya.

"Angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di Indonesia tahun 2015 adalah 33 persen. Berarti hampir 70 persen lulusan SMA tidak mengakses pendidikan tinggi, karena berbagai alasan. Salah satunya adalah kendala dana," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (26/10/2016).

Sihol menyatakan program beasiswa Tanoto Foundation diberikan dalam rangka membantu meningkatkan akses kepada pendidikan tinggi oleh generasi muda Indonesia.

Di samping mendukung peningkatan akses pada pendidikan, Tanoto Foundation juga berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

"Peningkatan kualitas pendidikan kami lakukan melaui kemitraan dengan sekolah berbagai tingkatan, dari PAUD sampai perguruan tinggi. Baik dalam hal perbaikan sarana dan infrastruktur maupun peningkatan kapasitas guru dan staf pengajar," lanjut Sihol.

Tanoto Faoundation telah menyalurkan beasiswa kepada 6.700 penerima, baik siswa maupun mahasiswa serta telah menjalin kerja sama dengan 35 perguruan tinggi di Indonesia.

Tanoto Foundation juga berupaya untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan, melalui pengembangan kapasitas guru.

Selain di bidang pendidikan, lembaga ini juga melatih 3.400 petani dalam sistem pertanian terpadu bersama PT Riau Andalan Pulp and Paper, serta meningkatkan pendapatan 29.000 petani plasma sawit bersama Asian Agri Group.

Tanoto Foundation merupakan lembaga nirlaba yang didirikan oleh Sukanto Tanoto bersama Tinah Bingei Tanoto dengan fokus pada penyediaan dana untuk mendukung program pendidikan serta pemberdayaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.