Manfaatkan Forum Wirausaha Internasional untuk Perkenalkan Produk

Kompas.com - 26/10/2016, 20:33 WIB
Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM Agus Muharram di Sankalp Forum Jakarta, Rabu (26/10/2016). Pramdia Arhando JuliantoSekretaris Kementrian Koperasi dan UKM Agus Muharram di Sankalp Forum Jakarta, Rabu (26/10/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengatakan, pagelaran forum wirausaha sosial global (Sankalp Forum) di Jakarta dapat memperluas jaringan pemasaran para wirausaha nasional untuk menembus pasar global.

"Sankalp Forum itu pusatnya di India. Artinya, ke depan, kami bisa memperluas jaringan wirausaha hingga ke India, yang juga salah satu pasar terbesar di dunia. Pasar fashion India sangat cocok bagi produk fashion Indonesia karena ragam dan warna coraknya seirama," kata Agus di Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Dalam Sankalp Forum, para wirausaha, investor dan para stakeholder dapat bertemu bersamaan di Jakarta.

"Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memainkan peran yang penting dalam perekonomian setiap negara, tidak terkecuali di Indonesia. UKM telah berkontribusi sebesar 59 persen terhadap GDP nasional," papar Agus. 

Sedangkan jumlah UKM di Indonesia mencapai 57 juta unit, jauh lebih banyak dibandingkan usaha besar atau korporasi yang hanya berjumlah sekitar 6.000 unit.

"Sehubungan dengan data UKM tersebut, saya merekomendasikan kepada Intellecap (penyelenggara Sankalp Forum) untuk melakukan mapping terhadap UMKM yang tersebar di berbagai sektor," tukas Agus.  

Selain itu, kata Agus, pemerintah juga telah melaksanakan beberapa kebijakan dan program untuk memenuhi kebutuhan UKM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satunya, pemerintah telah menurunkan suku bunga pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari 22 persen menjadi 9 persen per tahun.

"Dukungan pembiayaan seperti KUR ini sangat dibutuhkan oleh UKM untuk modal kerja.  Selain itu, mereka juga membutuhkan sejumlah dana untuk investasi, sehingga mereka dapat memperluas skala bisnisnya," pungkasnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.