Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Kualitas SDM, Investasi Penelitian dan Pengembangan Penting Dilaksanakan

Kompas.com - 30/10/2016, 06:30 WIB
Estu Suryowati

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah memiliki komitmen untuk mempercepat pertumbuhan dengan investasi dalam pembangunan manusia (human development), terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

Hal itu disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro dalam acara Regional UnConference yang diadakan oleh Alumni Eisenhower Fellowship, di Nusa Dua, Bali, Sabtu (28/10/2016).

Alumni Eisenhower Fellow 2002 itu mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan akan terwujud melalui adopsi sains, teknologi, dan promosi inovasi.

Menurut Bambang, tantangan inovasi ini yakni investasi dalam penelitian dan pengembangan.

Sayangnya, Indonesia masih tertinggal, dalam investasi penelitian dan pengembangan, dengan kisaran 0,1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Salah satu inovasi yang tengah didorong untuk diberlakukan di ASEAN adalah menerapkan single visa untuk pengunjung di luar kawasan ASEAN untuk masuk ke negara-negara di kawasan ASEAN, semacam visa Schengen yang diterapkan oleh Uni Eropa," kata Bambang, melalui keterangan pers ke Kompas.com.

Inovasi ini penting karena sektor pariwisata merupakan sumber pertumbuhan ekonomi di kawasan, dengan kontribusi terhadap PDB juga besar. Sektor pariwisata menjadi sumber penting yang mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com