Sri Mulyani: Keuangan Negara Harus Menjadi Sumber Kemakmuran Rakyat...

Kompas.com - 31/10/2016, 11:52 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki tugas dan tanggung jawab berat sejak awal kemerdekaan.

Tugas itu sesuai amanat Undang-Undang nomor 17 dan 19 tahun 1945, yaitu mandat untuk mengelola keungan republik. Menurut perempuan yang kerap disapa Ani itu, tujuan utama pengelolaan keuangan negara tidak lain yaitu agar seluruh rakyat Indonesia bisa merasakan kehadiran negara.

"Kita (Kemenkeu) harus mampu membuat keuangan negara sebagai sumber kemakmuran rakyat tanpa ada yang tertinggal," ujar perempuan yang kerap disapa Ani itu saat pidato di acara puncak hari uang di Jakarta, Senin (31/10/2016).

Pada awalnya, kata Ani, keuangan negara hanya disimbolkan dengan pencetakan dan penerbitan uang Indonesia. Namun kini, makna keuangan negara sudah meluas meliputi seluruh penerimaan negara baik dari pajak, kepabeanan dan termasuk penerimaan bukan pajak. 

Selain itu, keuangan negara juga mencakup seluruh kekayaan negara baik yang diperoleh langsung, maupun yang dikelola oleh badan usaha milik negara (BUMN). Bahkan ucap Ani, seluruh belanja negara termasuk keuangan negara.

"Kita juga harus mampu menjadikan keuangan negara sebagai alat negara mencapai keadilan sosial, menjaga persatuan kesatuan dan keutuhan negara, serta menjadikannya tulang punggung kokoh untuk membangun dan menopang negara republik yang bermartabat," kata dia.

Sri Mulyani berpesan kepada seluruh pegawai Kemenkeu menjaga keuangan negara dengan menjaga penerimaan negara agar terus meningkat dengan memperluas basis penerimaan perpajakan.

Tak lupa ia berpesan kepada seluruh jajaran pajak untuk terus bekerja keras memenuhi target penerimaan pajak dan tetap menjaga profesionalisme, kejujuran, dan integritas diri dan lembaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.