Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo III Kupang Siapkan Pelabuhan Khusus Logistik di Labuan Bajo

Kompas.com - 31/10/2016, 13:31 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo III) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini telah menyiapkan pelabuhan khusus untuk logistik di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

General Manajer PT. Pelindo III Cabang Kupang, Denny Lambert Wuwungan kepada sejumlah wartawan, usai mengikuti kegiatan Pelindo III mengajar SMAN 1 Kupang, Senin (31/10/2016) mengatakan, pembuatan pelabuhan baru itu, atas permintaan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat berkunjung ke sejumlah tempat di NTT, Sabtu dan Minggu kemarin.

"Kami sudah siapkan lokasi, khusus untuk pelabuhan logistik jaraknya tidak berjauhan dari pelabuhan penumpang. Luas lahannya sekitar 10 sampai 20 hektar. Kita harapkan agar pada pertengahan tahun 2017 nanti sudah bisa terealisasi," ucap Denny.

Menurut dia, selama ini pelabuhan di Labuan Bajo masih tidak teratur, karena pelabuhan penumpang dan logistik digabung menjadi satu. Karena itu diharapkan pemisahan itu akan lebih baik lagi.

Saat ini lanjut Denny, distribusi logistik khususnya ke pulau Flores bagian Barat sangat sedikit, sehingga dengan dibangunnya pelabuhan logistik, kedepannya distribusi logistik ke Flores bagian Barat tersebut bisa terpenuhi.

Untuk pelabuhan penumpang, nantinya akan diperindah lagi dan fokus pada peningkatan pariwisata di Labuan Bajo yang merupakan daerah yang sering dikunjungi oleh wisatawan Domestik dan mancanegara.

Denny mengatakan, dalam kunjungan Menteri Perhubungan pada Minggu kemarin, Menteri Budi juga mengatakan, pelabuhan penumpang tersebut juga akan dikhususkan untuk "yacht dan cruise" wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

”Kami harapkan agar nanti setelah selesai pelabuhan itu dibangun, semuanya akan berjalan lancar baik itu penumpang kapal, distribusi barang maupun kapal wisatawan asing,”kata Denny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com