Pelemahan Ekonomi Global Bikin Investasi Korea Selatan ke Indonesia Turun

Kompas.com - 31/10/2016, 18:45 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai pelemahan ekonomi global telah menyebabkan nilai investasi Korea Selatan ke Indonesia tahun ini turun.

Hal tersebut dikatakan Direktur Pemberdayaaan Usaha Pengembangan Iklim Penaman Modal BKPM Pratito Soeharyo, saat ditemui di kantor BKPM Jakarta.

"Jadi bukan karena peraturan. Kalau peraturan kita kan selalu membuat pro investor. Ini karena kondisi ekonomi mereka melemah," ujar Pratito di kantornya, Senin (31/10/2016). 

Berdasarkan data BKPM, investasi Korea Selatan ke Indonesia pada periode Januari 2015 - Juni 2016 mencapai 1,7 miliar dollar AS.

Nilai itu turun 19,9 persen dari periode Juli 2013 - Desember 2014 yang sebesar 2,1 miliar dollar AS. 

Namun, Pratito optimistis investasi Korea Selatan ke Indonesia akan kembali meningkat pada tahun 2017.

Apalagi, saat ini, peringkat indonesia dalam survei kemudahan berbisnis "Ease of Doing Business" (EoDB) Bank Dunia naik dari 106 menjadi 91.  

"Korea Selatan memang mempunyai potensi untuk investasi besar di kita. Korea Selatan sudah menyatakan ingin berinvestasi. Regulasi kita juga makin baik," ucap dia. 

Sekadar informasi, tidak hanya investasi dari Korea Selatan saja yang mengalami penurunan. Investasi negara maju seperti Inggris dan Amerika Serikat ke Indonesia juga turun.

Tercarat Investasi Inggris turun 69,4 persen, dari 2 miliar dollar AS  menjadi 0,6 miliar dollar AS.

Sementara, investasi Amerika Serikat turun dari 2,4 miliar dollar AS menjadi 1,3 miliar dollar AS atau turun sebesar 47,5 persen. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X