Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Cari Cara Tangani Permasalahan Sampah Plastik di Laut Indonesia

Kompas.com - 01/11/2016, 16:47 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) tengah mencari cara untuk menangani permasalahan sampah plastik di laut. 

Sekretaris Deputi Bidang Kedaulatan Kemenko Maritim Dedy Miharja mengatakan, saat ini banyak perairan di Indonesia tercemar sampah plastik. Dampaknya, potensi sumber daya di laut seperti ikan akan terkena dampaknya.

"Laut itu penting makanya kita harus mencegah sampah plastik masuk ke laut. Laut merupakan masa depan indonesia," ujar Dedy saat meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar di Bekasi, Selasa (1/11/2016). 

Dedy menuturkan, Kemenko Maritim akan mulai membersihkan sampah plastik di sungai yang terdapat di Jakarta. Karena, sampah plastik yang ada di laut umumnya berasal dari sungai.

"Di Jakarta ada 13 sungai yang bermuara ke laut. Kami akan memulai dari situ," kata dia.

Dedy juga mengungkapkan, Kemenko Maritim akan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Denmark dan Bank Dunia menggelar forum untuk membahas solusi penanganan sampah di Indonesia.

Forum tersebut digelar pada 1-3 November 2016 dengan melibatkan 200 peserta dari berbagai negara. 

"Jadi kami mengundang beberapa negara menjadi narasumber mengenai pengelolaan sampah di negeranya masing-masing seperti Amerika, Perancis, dan Denmark," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com