Menkop Imbau Pusat Perbelanjaan Beri Ruang bagi UKM dan Industri Kreatif

Kompas.com - 01/11/2016, 20:07 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengimbau pusat perbelanjaan atau mal untuk memberikan ruang pamer bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) serta ekonomi kreatif. Menurutnya hal itu bisa menjadi salah satu sarana UKM agar bisa tumbuh dan berkembang.

“UKM dan industri kreatif akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia ke depan. Namun, mereka butuh dukungan untuk bisa berkembang,” ujar Menkop dalam keterangan resmi kepada Kompas.com saat acara Festival Budaya dan Ekonomi Kreatif Universitas Airlangga (Unair) 2016 di Grand City, Surabaya, Selasa (1/11/2016).

Menurutnya, yang dilakukan Unair dengan menggelar festival budaya dan ekonomi kreatif di mal adalah sebuah terobosan kreativitas.

“Festival ekonomi kreatif dan budaya biasanya hanya digelar di kampus, tetapi sekarang bisa digelar di mal,'' tambahnya.

Lebih lanjut Menkop meminta kepada para pengelola pusat perbelanjaan untuk memberikan ruang kepada pelaku UKM dan ekonomi kreatif untuk pameran.

"Walaupun kita tahu, mal untuk barang branded. Namun, demi kemitraan, mal juga harus menggandeng UKM,” katanya.

Selain meminta pengelola pusat perbelanjaan untuk memberikan ruang bagi pelaku UKM, Menkop juga mendorong agar pelaku ekenomi kreatif memanfaatkan teknologi digital agar bisa berkembang secara luas.

Adapun dukungan pemerintah bagi pelaku UKM dan ekonomi kreatif berupa pemberian insentif dalam bentuk suku bunga pinjaman yang rendah.

"Pada 2017, direncanakan, suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi 7 persen, dari 9 persen saat ini," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.