Kuartal III 2016, Laba Perusahaan Minyak BP Anjlok 50 Persen

Kompas.com - 02/11/2016, 08:54 WIB
British Petroleum istimewaBritish Petroleum
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

LONDON, KOMPAS.com – Raksasa minyak Inggris BP melaporkan anjloknya laba bersih pada kuartal III 2016 sebesar 50 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Anjloknya laba BP ini disebabkan sektor perminyakan yang masih susah payah bertahan di tengah rendahnya harga minyak dunia.

Laba BP pada kuartal III 2016 dilaporkan sebesar 2,8 miliar dollar AS. Meski merosot 50 persen, angka ini masih lebih baik dibandingkan prediksi sebelumnya.

Sementara itu, replacement cost atau biaya penggantian tercatat sebesar 933 juta dollar AS. Realisasi ini lebih rendah dibandingkan 1,8 miliar dollar AS pada periode yang sama tahun lalu.

BP menyalahkan penurunan harga minyak sebagai penyebab merosotnya kinerja keuangan. Pihak BP menyebut, perseroan terimbas lemahnya harga dan kondisi marjin.

Sementara itu, pesaing BP yang berasal dari Belanda, Royal Dutch Shell juga memperingatkan tantangan rendahnya harga minyak. Meski begitu, Shell berhasil meraup pertumbuhan laba sebesar 18 persen.

“Kami tetap berada pada jalur yang benar untuk membuat progres yang bagus dalam beradaptasi pada harga yang menantang dan kondisi marjin. Kami juga tetap berada pada jalan untuk menyeimbangkan kembali arus kas organik di tahun depan pada kisaran 50 hingga 55 dollar AS per barrel,” ujar Direktur Keuangan BP Brian Gilvary.

BP pun menyatakan memangkas rencana investasinya untuk tahun ini menjadi 16 miliar dollar AS dibandingkan prediksi sebelumnya sebesar 17 miliar hingga 19 miliar dollar AS. Adapun belanja modal untuk tahun 2017 diprediksi berada pada kisaran 15 miliar hingga 17 miliar dollar AS. 



Sumber BBC News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X