Pertumbuhan Industri Manufaktur Mikro dan Kecil di Bali di Atas Rata-rata Nasional

Kompas.com - 03/11/2016, 07:08 WIB
Tas kantong lukis karya ibu PKK Desa Kedisan, Kintamani, Bangli, Bali yang dipamerkan di Mabesikan Festival, Denpasar, Sabtu (22/10/2016). KOMPAS.com/SRI LESTARITas kantong lukis karya ibu PKK Desa Kedisan, Kintamani, Bangli, Bali yang dipamerkan di Mabesikan Festival, Denpasar, Sabtu (22/10/2016).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

DENPASAR, KOMPAS.com - Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, mencatat bahwa Industri Manufaktur Mikro dan Kecil(IMK) pada Triwulan III Tahun 2016 di Bali mengalami pertumbuhan positif sebesar 0,60 persen dari triwulan sebelumnya (quarter to quarter/q-to-q).

"Capaian pertumbuhan IMK Bali positif pada Triwulan III, tumbuh 0,60 Persen dibanding Triwulan II. Capaian pertumbuhan IMK Bali ini berada di atas pertumbuhan nasional sebesar minus 2,06 persen pada periode yang sama," Kata Kepala BPS Provinsi Bali, Adi Nugroho, Denpasar, Bali, Selasa (2/11/2016).

Peranan IMK di Bali cukup menyumbang dalam percepatan pembangunan daerah pada era otonomi. Untuk itu, komponen masyarakat dan pelaku usaha IMK khususnya dihadapkan pada sejumlah tantangan baik lingkungan internal maupun eksternal.

Dalam memajukan IMK di darah, Adi juga menjelaskan bahwa pemecahan masalah tidak dapat dilakukan dengan kebijakan sama yang berlaku umum di tingkat pusat.

Kebijakan dan strategi yang dikembangkan haruslah sesuai dengan spesifikasi atau kondisi yang dibutuhkan oleh daerah bersangkutan.

Dalam hal ini, strategi pembangunan daerah haruslah dilakukan secara bersinergi antara berbagai unsur terkait masyarakat di daerah.

"Harus diakui, peranan IMK dalam memacu dan mempercepat pembangunan daerah pada era otonomi dewasa ini semakin nyata dan strategis. Oleh karena itu, komponen masyarakat dan pelaku usaha IMK di Bali khusunya akan dihadapkan pada sejumlah tantangan yang ada baik dari lingkungan internal dan eksternal," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikatakan pula bahwa sebenarnya pertumbuhan IMK tergantung dari kondisi lingkungan bisnis yang dibuat sebagai usaha bersama antara usaha atau perusahaan IMK, pemerintah dan masyarakat setempat.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X