Diduga Tak Taat Pajak, Para Miliarder Inggris Diinvestigasi

Kompas.com - 03/11/2016, 20:46 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
|
EditorM Fajar Marta

LONDON, KOMPAS.com - Otoritas pajak Inggris tengah melakukan investigasi terhadap dugaan penghindaran pajak yang dilakukan para miliarder Inggris.

Dinyatakan bahwa total pajak yang tak dibayar oleh 6.500 orang terkaya di Inggris mencapai 1,9 miliar poundsterling atau 2,3 miliar dollar AS.

Otoritas mengungkapkan, setidaknya 1,1 miliar poundsterling dari 1,9 miliar poundsterling tersebut lenyap dalam skema penghindaran pajak, yang merupakan praktik lazim di kalangan orang-orang super tajir.

Setidaknya 15 persen dari para orang kaya tersebut menggunakan paling sedikit satu skema penghindaran pajak.

Mengutip CNN Money, Kamis (3/11/2016), banyak taktik yang digunakan untuk menghindari pembayaran pajak merupakan praktik legal.

Semisal, ada alasan-alasan sah untuk membuka akun bank offshore atau menyebar dana ke trust fund.

Orang-orang kaya tersebut menggunakan beberapa cara yang telah disebutkan itu untuk membantu mengelola portfolio-portfolio investasi maupun untuk melindungi aset mereka.

Akan tetapi, cara-cara itu juga bisa digunakan untuk menyembunyikan harta mereka dari otoritas pajak.

Pemerintah di seluruh dunia berupaya keras untuk menangani permasalahan penghindaran pajak.

Salah satu upaya yang ditempuh adalah menerbitkan aturan yang mewajibkan warga negara untuk melaporkan kepemilikan akun mereka yang ada di luar negeri.

Pada tahun 2009 silam, pemerintah Inggris membentuk sebuah unit khusus untuk memonitor urusan pajak warga negaranya yang memiliki kekayaan 20 juta poundsterling ke atas.

Adapun di negara itu terdapat sekira 6.500 orang yang masuk kategori tersebut. Upaya yang ditempuh tersebut nyatanya efektif.

Pada tahun 2015 lalu, unit khusus tersebut mengungkap pajak yang tak dibayarkan senilai 416 juta poundsterling.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X