Ini 10 Negara Termiskin dan Terbahaya di Dunia

Kompas.com - 07/11/2016, 10:07 WIB
Warga Yaman membawa barang-barang mereka melintasi bangunan yang telah hancur akibat serangan udara koalisi Arab Saudi di wilayah Hodeida, Yaman. AFP/GettyWarga Yaman membawa barang-barang mereka melintasi bangunan yang telah hancur akibat serangan udara koalisi Arab Saudi di wilayah Hodeida, Yaman.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

LONDON, KOMPAS.com – Institut riset The Legatum Institute yang berpusat di London, Inggris baru-baru ini merilis indeks global tahunan bertajuk Prosperity Index.

Survei terhadap 149 negara yang menyoal kemakmuran dan kesejahteraan ini memberi peringkat terhadap negara-negara paling makmur di dunia, serta yang paling iskin dan paling berbahaya di dunia.

Legatum Institute menggunakan indikator yang tidak umum dalam menyurvei, yakni 104 variabel.

Variabel biasa, seperti produk domestik bruto (PDB) per kapita dan jumlah penduduk yang bekerja penuh tetap digunakan. Selain itu, lembaga tersebut juga menggunakan variabel menarik seperti toleransi sosial dan kualitas internet suatu negara.

Variabel-variabel itu kemudian dibagi menjadi sembilan subindeks, antara lain kualitas ekonomi, iklim usaha, tata kelola pemerintah, pendidikan, kesehatan, keamanan, kebebasan individu, sumber daya sosial, dan kondisi alam.

The Legatum Institute pun memberi peringkat terhadap 10 negara termiskin di dunia, yang termasuk juga terbahaya dan paling tak sehat.

Mengutip Business Insider, Senin (7/11/2016) berikut daftarnya.

1. Yaman.

Terpukul akibat perang sipil, Yaman berada di urutan terbawah terkait subindeks ekonomi, kewirausahaan, dan tata kelola pemerintah. Yaman berada di urutan kedua terbawah dalam hal sumber daya sosial dan ketiga terbawah untuk kebebasan individu.

2. Afghanistan

Dilanda perang selama berdekade, tak mengherankan bila Afghanistan berada di urutan terbawah dalam kebebasan indivudu dan urutan ketiga terburuk dalam hal tata kelola pemerintah. Negara ini pun berada di urutan kedua negara termiskin di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X