BPS: Baru di Kuartal III 2016 Sektor Pertambangan Tumbuh

Kompas.com - 07/11/2016, 15:43 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, sepanjang kuartal III 2016 ini sektor pertambangan mengalami pertumbuhan sebesar 0,13 persen bila dibandingkan kuartal II 2016 yang tengah mengalami koreksi.

"Pertambangan dan penggalian kalau dilihat kuartal sebelumnya negatif, tapi sekarang tumbuh 0,13 persen," ujar Suhariyanto di Jakarta, Senin (7/11/2016).

Menurut Suhariyanto, pertumbuhan di sektor pertambangan dan penggalian ini ditopang oleh peningkatan produksi tambang logam bijih nikel seperti emas dan tembaga.

"Mengapa tambang dan penggalian tumbuh positif, karena adanya peningkatan produksi komoditas tambang logam seperti emas dan tembaga," tutur Suhariyanto.

Meski tidak menyebutkan secara rinci pergerakan tren pertumbuhan produksi komoditas tambang, namun menurut Suhariyanto angka pertumbuhan di kuartal III lebih baik jika dibandingkan kuartal I dan II 2016.

"Saya pegangnya hanya mulai 2015, dari 2015 kuartal I negatif semuanya sampai kuartal II 2016. Baru ini positif ada peningkatan untuk beberapa barang logam seperti emas dan tembaga," tandas Suhariyanto.

Kompas TV Suhariyanto Resmi Jadi Kepala Badan Pusat Statistik
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.