Urbanisasi, 90 Juta Orang Desa Akan Pindah ke Kota-kota Besar di ASEAN

Kompas.com - 08/11/2016, 12:36 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Head ASEAN Conectivity Division the ASEAN Secretariat, Lim Chze Cheen, memperkirakan, dalam waktu 10 tahun ke depan, akan ada 90 juta orang yang berpindah ke kota-kota besar di kawasan negara ASEAN.

Menurut Cheen, angka yang dirilis World Bank tersebut mengalami peningkatan sebesar 36 persen jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Sekitar 90 juta orang akan pindah ke kota-kota besar di ASEAN, 36 persen peningkatannya," ujar Cheen saat menghadiri forum ASEAN G2B Infrastructure Week di Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Dengan melihat adanya lonjakan tersebut, pihaknya akan melakukan analisis terkait kinerja-kinerja kota-kota besar kawasan ASEAN untuk mengukur kesiapan kota-kota tersebut dalam menampung perpindahan orang dari desa ke kota.

"Kami akan menyelenggarakan analisis terkait kinerja kota-kota tersebut," ucap Cheen.

Selain itu, pihaknya pun tengah menyiapkan konsep transportasi pintar untuk angkutan penumpang dan angkutan barang.

Untuk memuluskan rencananya, Cheen berharap negara-negara anggota ASEAN turut berpartisipasi dalam memajukan perekonomian di kawasan ASEAN dengan meningkatkan konektivitas antar-negara.

"Kita membutuhkan kolaborasi dengan mitra negara-negara ASEAN. Kami berharap kita bisa terus terhubung," kata Cheen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.