Peternak Sapi Perah Lokal Minta Harga Jual Susu Dinaikkan

Kompas.com - 08/11/2016, 16:20 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Peternak Sapi Perah Indonesia (ASPSI) berharap adanya perhatian pemerintah terhadap peternak sapi perah dalam negeri.

Selain itu, pemerintah juga perlu meningkatkan nilai tukar pasar terhadap harga susu lokal yang akan dijual kepada Industri Pengolahan Susu (IPS).

Sebab, saat ini harga susu segar yang dijual kepada industri pengolahan tidak menguntungkan bagi peternak.

Ketua Umum ASPSI, Agus Warsito menjelaskan, rendahnya nilai tukar peternak disebabkan oleh struktur pasar yang tidak berkembang.

Saat ini peternak hanya bisa menjual hasil panennya kepada industri pengolahan. Hal ini membuat struktur pasar menjadi tidak sehat dan cenderung oligopsoni (pembelian tunggal).

Kondisi ini membuat industri pengolahan bisa menentukan harga sesuai keinginannya sementara peternak terpaksa menerima agar susu produksinya terjual.

"Posisi bargaining peternak sangat rendah, buyer yang sangat dominan menentukan harga dari peternak. Sehingga tidak ada pilihan lain," ujar Agus di Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Agus menjelaskan, harga jual susu sapi kepada industri hanya Rp 4.500 per liter. Harga ini dianggap lebih murah dibanding negara lain seperti China yang seharga Rp 7.330 per liter atau Vietnam sebesar Rp 8.172 per liter.

Agus menegaskan, angka tersebut tidak sebanding dengan biaya produksi yang digunakan dalam memelihara sapi perah.

Menurutnya, perhitungannya satu ekor sapi dengan produksi 16 liter susu per hari seharga Rp 4.500 per liter maka peternak hanya mendapatkan omzet sebesar Rp 72.000.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.