Kompas.com - 09/11/2016, 08:25 WIB
Ilustrasi THINSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi negara-negara pengekspor minyak (OPEC) memangkas asumsi harga minyak pada 2020 menjadi 60 dollar AS per barel.

Tahun lalu, organisasi pengekspor minyak global ini mematok asumsi harga minyak pada 2020, di 80 dollar AS per barel. OPEC mengasumsikan kenaikan referensi harga minyak 5 dollar AS tiap tahun, dengan dasar 40 dollar AS per barel pada 2016.

Asumsi itu didasarkan pada produksi minyak mentah negara-negara anggota dan biasanya lebih rendah dari tolok ukur internasional dan AS dengan margin sedikit. OPEC menyadari outlook ini bisa di luar perkiraan atau jalur harga yang diinginkan. Namun, asumsi tersebut dapat memandu referensi harga.

Sekretaris Jenderal OPEC, Mohammed Barkindo memperingatkan industri perlu bertanya apakah harga minyak yang rendah telah menempatkan prospek pasokan-permintaan di masa mendatang berisiko, mengingat penurunan investasi selama dua tahun terakhir.

"Sementara itu, lingkungan pasar minyak baru-baru ini sudah kelebihan pasokan, sangat penting bahwa industri memastikan bahwa kurangnya investasi saat ini tidak menyebabkan kekurangan pasokan di masa depan," kata Barkindo, dikutip dari CNBC, Rabu (9/11/2016).

Dalam WOO OPEC Ke-10, kelompok tersebut menghadapi ketidakpastian bagaimana prospek minyak setelah 2040, meski komoditas bahan bakar tetap mengambil pangsa terbesar selama periode ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.