Kompas.com - 09/11/2016, 12:28 WIB
Ilustrasi pialang saham thikstockphotosIlustrasi pialang saham
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun 112,48 poin atau turun 2,06 persen pada jeda siang perdagangan saham, seiring meningkatnya kesempatan kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trump, memenangi pilpres di AS.

IHSG ditutup turun ke level 5.358,19, padahal pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.00 WIB, IHSG dibuka naik di level 5.478,03.

Semua indeks sektoral pendukung bursa turun, dengan penurunan di atas 2 persen, yakni di sektor konsumer, manufaktur, pertambangan, aneka industri, infrastruktur, keuangan, dan properti.

Hanya sektor perkebunan, perdagangan, dan industri dasar yang turun di atas 1 persen.

Sektor pertambangan menjadi sektor yang tertekan paling dalam, hingga 2,8 persen.

Dari data RTI, sebanyak 56 saham ditutup naik, 235 saham ditutup turun, dan 68 saham ditutup naik.

Dengan hasil ini, IHSG tidak lagi memperpanjang reli kenaikan yang diperoleh sejak 4 November 2016.

Net foreign sell di semua papan perdagangan mencapai Rp 243 miliar, sedangkan net foreign sell di pasar reguler mencapai Rp 213,7 miliar.

Dari pasar spot Bloomberg, rupiah ikut melorot 161 poin ke level 13.245 per dollar AS, sementara pada Selasa, rupiah ditutup di level 13.084 per dollar AS.

Kompas TV Pemerhati Pilpres AS: Posisi Trump Menang di Texas



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X