Menteri Perindustrian Tidak Khawatirkan Hasil Pilpres AS

Kompas.com - 09/11/2016, 14:22 WIB
Menteri Perindustrian Republik Indonesia IR Airlangga Hartarto Stanly/OtomaniaMenteri Perindustrian Republik Indonesia IR Airlangga Hartarto
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto ikut berkomentar terkait hasil sementara Pilpres Amerika Serikat yang tengah berlangsung saat ini.

Menurutnya, apapun hasil akhir dari Pilpres tersebut, pengaruhnya tidak akan terlalu besar ke sektor industri. Sektor yang akan terpengaruh menurutnya adalah sektor pasar modal.

"Kalau industri tidak terpengaruh secara langsung, pengaruhnya ke pasar modal, tidak terlalu, dalam tanda petik pengaruhnya jangka pendek, karena industri kan seluruhnya jangka panjang," ujar Airlangga usai menghadiri rapat koordinasi harga gas di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Menurut Airlangga, sentimen dari AS yang sangat berpengaruh terhadap pergerakan perekonomian Indonesia yang terbesar adalah bersumber dari Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) dalam menentukan suku bunga.

"Kalau pemilu AS tergantung pada nanti apakah di akhir tahun ini Fed naikan interest rate atau tidak, itu kan mereflek dari pada hasil pemilu tadi," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, hasil sementara Pilpres AS direspon negatif oleh pasar. Pukul 11.00WIB, terpantau IHSG berada di level 5.376,55 turun 1,72 persen atau 94,12 poin dibandingkan saat pembukaan di level 5.491.

Selain IHSG, rupiah pun merespon negatif terhadap perolehan sementara Pilpres AS. Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia pukul 11.00WIB, rupiah berada di level Rp 13.084 per dollar AS.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X