IHSG Terhantam Pilpres AS, Waktunya Berburu Saham-saham yang Terdiskon

Kompas.com - 09/11/2016, 16:00 WIB
Ilustrasi pialang saham thikstockphotosIlustrasi pialang saham
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Head of Research PT Infovesta Utama, Edbert Suryajaya mengatakan, sentimen negatif yang dihembuskan dari hasil sementara Pilpres Amerika Serikat patut dimanfaatkan para investor untuk berburu saham yang terdiskon.

Menurut Edbert, sentimen negatif Pilpres AS akan berlangsung selama seminggu kedepan. Jadi para investor diminta untuk mengambil poisisinya untuk melakukan akumulasi beli.

"Sentimen ini biasa bisa bertahan hingga satu minggu, meskipun tetap ada kemungkinan aksi beli investor memburu saham-saham yang terdiskon," ujar Edbert kepada Kompas.com, Rabu (9/11/2016).

Terkait dampak yang lebih lanjut ke perekonomian Indonesia, menurut Edbert baru akan dirasakan dalam waktu satu bulan kedepan pasca ditetapkannya Presiden AS terpilih.

"Untuk efek yang lebih jangka panjang baru akan muncul bulan-bulan depan, seiring dengan munculnya informasi dan analisa kebijakan-kebijakan presiden terpilih," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, hasil sementara Pilpres AS direspon negatif oleh pasar. Pukul 11.00WIB, terpantau Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di level 5.376,55 turun 1,72 persen atau 94,12 poin dibandingkan saat pembukaan di level 5.491.

Selain IHSG, rupiah pun merespon negatif terhadap perolehan sementara Pilpres AS. Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia pukul 11.00WIB, rupiah berada di level Rp 13.084 per dollar AS.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X