Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Lama Pelemahan IHSG Akibat Pilpres AS?

Kompas.com - 09/11/2016, 20:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Kemenangan Donald Trump dari Partai Republik pada pemilihan presiden AS menimbulkan gejolak pada pasar uang dan pasar saham global, termasuk Indonesia.

Terbukti dengan terjadinya pelemahan nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini, Rabu (9/11/2016).

Kepala ekonom Samuel Asset Management Lana Soelistianingsih menjelaskan, pelemahan tersebut merupakan bentuk shock yang terjadi di pasar.

Akan tetapi, ia memandang shock semacam itu bersifat jangka pendek. “Kalau indeksnya sudah ke 5.200, itu sudah jadi daya tarik dan mudah-mudahan lokalnya ambil posisi. Mudah-mudahan itu, tapi kalau asingnya terus membuang ya mungkin tunggu saja dulu,” jelas Lana di Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Lana memprediksi, level indeks terendah bisa ke arah 4.800 secara teknikal. Akan tetapi, ia berharap IHSG bisa segera kembali ke zona penguatan.

Untuk jangka menengah, dalam tiga bulan ke depan, investor yang melihat ketidakpastian di AS meningkat, maka bisa saja sang investor akan keluar dari AS dan berinvestasi lagi di negara-negara yang sempat terkoreksi.

Para investor akan lebih banyak menempatkan dananya di emerging market atau negara berkembang.

Sore ini, IHSG ditutup turun ke level 5.358,19, padahal pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.00 WIB, IHSG dibuka naik di level 5.478,03.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com