Ini Rahasia Alibaba Adakan Festival Belanja Online Global 11.11

Kompas.com - 11/11/2016, 20:52 WIB
Penjualan di ajang 11.11 Global Shopping Festival menembus 100 juta RMB pada 18.55 waktu Shenzen. Dok AlibabaPenjualan di ajang 11.11 Global Shopping Festival menembus 100 juta RMB pada 18.55 waktu Shenzen.
Penulis Aprillia Ika
|
EditorM Fajar Marta

 

SHENZEN, KOMPAS.com - Alibaba Group selalu sukses mengadakan ajang belanja online mulai dari Singles Day di 2009 hingga ajang 11.11 Global Shopping Festival pada 2016 ini.

Padahal, ajang ini melibatkan 200 negara di dunia, ratusan juta pembeli serta puluhan ribu merchants. Apa resep suksesnya?

Joe Tsai, Vice Chairman Alibaba Group mengatakan, salah satu resep suksesnya adalah dengan terus meningkatkan teknologi dan membangun ekosistem. Dua hal kompleks tersebut terus dibangun Alibaba untuk membuktikan diri mereka mampu melayani 2 miliar konsumen pada tahun ini.

Menurut Tsai, dalam ekosistem yang kompleks tersebut ada ratusan ribu merchant. Mereka harus dimana menyimpan barangya, lokasi barangnya serta manajemen stok produk mereka. Alibaba membantu mereka dengan merchandising decision yang tepat sehingga alur informasi stok barang dan peredarannya juga lancar.

Kemudian, dalam ekosistem juga ada ratusan juta pembeli. Maka tugas Alibaba dalam ekosistem ini adalah bagaimana membuat pengalaman berbelanja yang berbeda pada setiap konsumen. Bahkan ada rekomendasi pembelian personal untuk setiap pembeli.

Ekosistem lain yakni pembayaran atau payment. Menurut Tsai, 10 tahun lalu bank penerima pembayaran Alibaba selalu crashed dengan ratusan ribu trafik transaksi per detik yang terjadi. Oleh sebab itu, Alibaba mendorong penggunaan Alipay yang mampu menampung hingga 100.000 transaksi per detik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ekosistem keempat yang juga dikembangkan Alibaba yakni logistik. Yakni bagaimana paket pembelian sampai ke pembeli di hari yang sama. Pada tahun lalu, sebanyak 60 juta paket dikirimkan di hari yang sama.

"Untuk bisa mengendalikan ekosistem ini, semua pihak harus bekerja secara seamless dengan sistem Alibaba," lanjut Tsai.

Salah satu contohnya, pada saat Singles Day, penjualan satu merchant rata-rata naik 10 kali lipat dari penjualan normal. Oleh karena itu, mereka harus mengganti CRM system mereka ke cloud Alibaba.

"Tiap tahun kami update teknologi untuk dorong ekosistem. Kami percaya adanya capability wise dan technology wise akan signifikan bagi bisnis Alibaba dan membuat konsumen senang," pungkas Tsai.

Sebagai informasi, Alibaba menyelenggarakan ajang belanja online 11.11 Global Shopping Festival pada 11 November. Ajang ini berlaku 24 jam saja.

Pada tahun lalu, di ajang yang sama, Alibaba meraup penjualan 14,3 miliar dollar AS. Sementara tahun ini diestimasi mencapai 17 miliar dollar AS-20 miliar dollar AS.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.