Imbas "Brexit," Citi Siap-siap Pindahkan 900 Pegawai dari Inggris

Kompas.com - 14/11/2016, 11:00 WIB
Foto patung Winston Churchill menghadap AP Photo/Matt DunhamFoto patung Winston Churchill menghadap "Houses of Parliament" London, Jumat (24/6/2016).
|
EditorAprillia Ika

LONDON, KOMPAS.com - Bank asal Amerika Serikat Citi tengah melakukan persiapan untuk memindahkan 900 posisi pekerjaan dari London, Inggris menuju Dublin, Irlandia. Hal inu menyusul rencana kontingensi keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Mengutip Channel News Asia, Senin (14/11/2016), Citi sempat mengadakan rapat pimpinan di Dublin pada bulan Oktober 2016 lalu.

Menurut sebuah sumber yang dikutip dari harian Sunday Times, Citi pun sedang mengeksplorasi berbagai pilihan ruang kantor di ibukota Irlandia tersebut.

"Mereka telah melakukan pengujian terhadap rezim politik dan peraturan Irlandia dalam skala makro," demikian menurut sumber tersebut.

Pada Oktober 2016 lalu pula, pimpinan Citi di Inggris, yang membawahi 9.000 orang pegawai, menyatakan pekerjaan-pekerjaan sektor keuangan di London akan pindah ke negara-negara anggota Uni Eropa lainnya.

Keputusan ini diambil tanpa memandang apapun perundingan yang akan dilakukan Inggris untuk mengakses pasar jasa keuangan Uni Eropa.

Beberapa kota di kawasan Uni Eropa pun tidak melewatkan kesempatan yang muncul tersebut.

Kota-kota seperti Frankfurt, Paris, dan Amsterdam dikabarkan bersolek untuk menarik industri jasa keuangan yang tadinya berpusat di London, namun berminat untuk hengkang sebagai akibat dari Brexit.

Dari kota-kota tersebut, kabarnya Frankfurt dianggap sebagai kandidat terbaik lantaran infrastruktur yang memadai untuk operasional industri jasa keuangan.

Bank-bank besar kelas global pun sudah menunjukkan minat mereka untuk hengkang dari Inggris, namun belum jelas kota mana yang akan mereka pilih.

Kompas TV Bank di Eropa PHK 3000 Karyawan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.