Pelaku Usaha Perlu Pahami Pentingnya Hak Paten

Kompas.com - 14/11/2016, 20:44 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
EditorJosephus Primus


 
KOMPAS.com - Pelaku usaha, termasuk di bidang teknologi informasi, perlu memahami pentingnya hak paten dalam upaya pengembangan bisnis. Menurut data dari laman Kementerian Perindustrian, kemenperin.go.id, hari ini, jumlah pendaftar paten Indonesia terbilang menanjak dari tahun ke tahun.

Pada 2013 lalu, ada tercatat 7.450 pendaftar. Setahun kemudian, angkanya menjadi 8.023 pendaftar. Rerata pertumbuhan sampai dengan 2015 ada di kisaran 800 pendaftar.

Sebagai perbandingan, pertumbuhan jumlah pendaftaran paten dalam lima tahun terakhir di China mencapai 122.000 dengan jumlah pendaftar 928.177 pada 2014. Sedangkan, Korea Selatan angka pertumbuhannya mencapai 40.000 pendaftar dengan jumlah pendaftar 210.252 pada 2014.

"Kami juga sedang melakukan pendaftaran paten untuk produk teknologi kami," kata  Ari Sudradjat,  CEO PT Makmur Sukses Untung, dalam keterangan medianya hari ini.

Menurut Ari, kepemilikan hak paten menjadi penting untuk  mengembangkan produk temuan pihaknya untuk merebut pasar di Tanah Air.

Melalui piranti teknologi informasi yang berhubungan dengan gawai, Ari menerangkan bahwa pihaknya mengembangkan aplikasi Sleek Call. Aplikasi berbasis android ini bisa mengubah suara orang menjadi berbagai macam suara mulai dari robot, hantu, monster, tupai, zombie dan sebagainya. Total ada 40 jenis suara yang ditawarkan.

Pada bisnis ini, target pasarnya terbilang besar. Salah satu targetnya adalah pengguna yang suka berbuat iseng kepada rekan-rekannya. "Orang bisa berbuat iseng dengan suara-suara," kata Ari.

Untuk bisnis ini, Ari mengatakan pihaknya membenamkan dana investasi sekitar 20.000 dollar AS. Sampai dengan akhir 2017, pihaknya membidik 5 juta orang untuk mengunduh aplikasi ini.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X