7 Manfaat Mengelola Keuangan dengan Baik

Kompas.com - 15/11/2016, 05:26 WIB
Ilustrasi uang SHUTTERSTOCKIlustrasi uang
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari tahun ke tahun, kebutuhan kita terus memperlihatkan kenaikan. Tidak hanya kebutuhan pokok saja, namun kebutuhan lainnya juga ikut bergerak naik. 

Hal itu menuntut kita untuk berjuang lebih keras lagi dalam mendapatkan penghasilan. Belum lagi untuk merencanakan masa depan dengan memiliki banyak tabungan untuk keperluan nanti.

Keberadaan uang memang sangat penting, bahkan uang ini bisa menjadi motivasi bagi setiap orang untuk bisa melanjutkan hidup ke arah yang lebih baik dengan bekerja dan berkarya dalam kehidupannya.

Namun, uang yang telah di dapat selalu saja terkesan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, karena tingginya kebutuhan serta keinginan yang dimiliki.

Oleh karena itu, diperlukan pengaturan keuangan yang baik, agar dapat memenuhinya tanpa masalah yang berarti.

Berikut ini ada tujuh manfaat yang bisa anda dapatkan, jika mengelola keuangan dengan baik:

1.    Melatih untuk Menjalankan Pola Hidup Hemat

Hidup yang lebih hemat bukanlah hidup yang pas-pasan bahkan serba kekurangan. Hidup hemat adalah hidup dengan berkecukupan, bahkan bisa mewujudkan apa yang diinginkan. Ini adalah manfaat dasar yang pasti Anda dapatkan jika berhasil mengelola keuangan dengan baik.

Atur keuangan anda di setiap bulannya, dengan mendahulukan kewajiban, kebutuhan serta menghilangkan atau meniadakan utang yang bisa menimbulkan masalah dalam keuangan Anda. Hemat juga dapat mengontrol Pengeluaran Anda yang mungkin sering berlebihan.

2.    Berlatih Untuk Lebih Tertib dan Teratur

Selain hemat, jika dapat mengelola keuangan dengan baik, lihat saja, hidup Anda akan lebih tertib dan teratur. Segala hal yang akan inginkan, termasuk kebutuhan Anda sendiri dan keluarga selalu terencana dengan detail.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X