“Pernikahan”’ Dua Raksasa Rokok Dunia Batal

Kompas.com - 15/11/2016, 13:45 WIB
ilustrasi rokok shutterstockilustrasi rokok
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com – Produsen rokok Reynolds American (RAI) dikabarkan menolak ajakan akuisisi yang dilakukan oleh British American Tobacco (BAT). Padahal, BAT mengajukan nilai akuisisi yang cukup fantastis kepada RAI, yakni mencapai 47 miliar dollar AS.

Seorang sumber menyatakan, RAI mengincar harga akuisisi yang lebih tinggi dari BAT. Bulan lalu, BAT yang sudah mengantongi 42 persen saham RAI meminang RAI untuk kepemilikan sisa saham produsen rokok merek Camel dan Newport tersebut.

Kalau “pernikahan” itu terjadi, maka terciptalah sebuah perusahaan rokok terbesar di dunia.

“Kami pikir ini adalah sebuah kemungkinan, sehingga ini tidak terlalu mengejutkan,” ujar Adam Fleck, analis dari Morningstar seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (15/11/2016).

Menurut Fleck, ada sedikit argumen sirkular yang muncul terkait nilai RAI. Namun, ia memandang terwujud atau tidaknya aksi korporasi tersebut bergantung kepada bagaimana tawaran lain dari BAT bisa diterima.

Kabarnya, kedua perusahaan sedang dalam tahap pembicaraan. Bloomberg mewartakan, BAT bersedia untuk menaikkan harga secara perlahan.

Di pasar rokok AS, Altria memegang 51 persen pangsa pasar di Negeri Paman Sam tersebut dan RAI memegang 34 persen.

Para analis mengestimasikan, akuisisi BAT terhadap RAI akan menggenjot penjualan BAT di AS hingga 40 persen dan laba melonjak hingga 50 persen.

Pada Senin (14/11/20160 waktu setempat, kapitalisasi pasar RAI di bursa saham AS mencapai sekira 76 miliar dollar AS pada penutupan perdagangan.

Adapun saham RAI sudah menguat hampir 15 persen tahun ini.

Kompas TV Pemerintah Naikkan Cukai Rokok Tahun Depan

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X