OJK: Antusiasme Transaksi dengan "Fintech" Terus Meningkat

Kompas.com - 17/11/2016, 15:00 WIB
Preaiden Joko Widodo saat menghadiri Indonesia Fintech Festival and Conference di ICE, Serpong, Tangerang, Selasa (30/8/2016). Fabian Januarius Kuwado/Kompas.comPreaiden Joko Widodo saat menghadiri Indonesia Fintech Festival and Conference di ICE, Serpong, Tangerang, Selasa (30/8/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan dan produk jasa keuangan dengan teknologi atau financial technology (fintech) terus berkembang dengan pesat di Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun menyatakan, antusiasme transaksi dengan fintech terus meningkat.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti Soetiono menjelaskan, data transaksi keuangan yang menggunakan teknologi sudah mencapai 590 miliar dollar AS pada tahun 2015 lalu.

Angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan tahun 2014. Kusumaningtuti pun menyatakan, regulator yakin angka tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun.

Mengapa demikian?

"Kenapa antusiasme transaksi ini meningkat? Tentu saja karena terjadi kemudahan akses keuangan karena persyaratan yang kompleks di konvensional itu bisa ditanggulangi dengan teknologi ini," ungkap Kusumaningtuti di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Ia pun menyebut, fintech merupakan sebuah keniscayaan. Akan tetapi, sebagai regulator, OJK pun harus memperhatikan konsumen yang beragam sehingga aspek-aspek perlindungan konsumen terkait fintech pun beragam pula.

Inilah yang menjadi latar belakang OJK menyiapkan berbagai aturan, namun disusun secara hati-hati.

Dengan demikian, fintech bisa terus tumbuh di Indonesia agar dapat menjawab tantangan akses keuangan di daerah terpencil dapat terjangkau.

"Akan tetapi, di lain pihak aspek perlindungan kita masukkan, sehingga tetap harus memperhatikan hak dan kewajiban pengguna," jelas Kusumaningtuti.

Kompas TV BI Bentuk "Think Thank" Untuk Industri Fintech



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X