Jonan Akan Pangkas Izin Proyek Pembangkit Listrik Jadi 6 Bulan

Kompas.com - 17/11/2016, 15:11 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berencana akan memangkas lamanya proses perizinan pembangkit listrik dari yang sebelumnya bisa memakan waktu hingga 3 tahun menjadi 6 bulan.

Rencana pemangkasan tersebut bukan tanpa alasan, mengingat pembangunan pembangkit listrik jadi semakin lama jika dalam proses perizinan saja dipersulit.

"Perizinan pembangunan pembangkit listrik dulu 956 hari, lama sekali. Sekarang lamanya perizinan sudah turun jadi 256 hari. Kita mau coba lagi kalau bisa kurang dari 6 bulan," ujar Jonan di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Mantan Menteri Perhubungan ini juga menurutkan, perizinan pembangunan pembangkit listrik yang akan dipangkas hingga di bawah 180 hari atau 6 bulan, diharapkan mampu dengan cepat mencapai target program 35.000 Megawatt(Mw).

"Ini perlu dilakukan supaya program 35.000 MW bisa dikebut," tandasnya.

Jonan berharap, dengan adanya percepatan perizinan ini, diharapkan rasio elektrifikasi nasional yang saat ini 88 persen bisa mencapai 95 persen di 2019.

"Rasio elektrifikasi kita sekarang kira-kira 88 persen. Di 2019 minimal 95 persen. Artinya, pada 2019 tinggal 5 persen wilayah Indonesia yang belum berlistrik," pungkasnya.

Kompas TV 34 Proyek Listrik Mangkrak Masuk Radar KPK
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.