Stabilkan Rupiah, BI Tak Ambil Banyak Cadangan Devisa

Kompas.com - 17/11/2016, 20:01 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada akhir pekan lalu, nilai tukar rupiah sempat mengalami pelemahan cukup tajam pasca pemilihan presiden di AS. Bahkan, pelemahan rupiah tersebut hingga menembus kisaran level Rp 13.800 per dollar AS.

Untuk mengembalikan stabilitas nilai tukar rupiah, Bank Indonesia (BI) sebagai otoritas moneter “turun gunung” ke pasar dan melakukan operasi, baik dari sisi pasar valuta asing maupun surat berharga negara (SBN).

Bank sentral mengakui, upaya tersebut dilakukan agar nilai tukar rupiah tidak keluar jauh dari fundamentalnya.

Meskipun ada intervensi, Gubernur BI Agus DW Martowardojo menegaskan BI akan tetap menjaga sistem devisa bebas.

BI, kata dia, akan meneruskan prinsip-prinsip terbaik dalam pengelolaan moneter dan menjaga rupiah agar tetap fleksibel namun tetap mencerminkan fundamentalnya.

Agus menjelaskan, bank sentral akan selalu hadir di pasar ketika rupiah mengarah kepada kondisi yang mengarah kepada ketidakstabilan.

Akan tetapi, apakah upaya stabilitas pasar yang dilakukan bank sentral tersebut menguras cadangan devisa?

“Jumlahnya tidak perlu besar karena mekanisme pasar tetap berjalan,” ungkap Agus dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur BI di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Agus menuturkan, bank sentral memandang faktor permintaan dan penawaran valuta asing di Indonesia tetap berjalan dengan baik.

BI melakukan intervensi sekadar untuk menjaga volatilitas kurs berada dalam batas yang wajar. “Cadangan devisa masih tetap 115 miliar dollar AS. Itu cukup untuk 8 bulan impor,” ungkap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.