Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, HM Sampoerna Punya Presiden Direktur Baru

Kompas.com - 18/11/2016, 11:50 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) telah menyetujui perubahan dalam susunan dewan direksi HMSP. Mulai hari ini Jumat (18/11/2016) Mindaugas Trumpaitis recara resmi menggantikan Paul Janelle sebagai Presiden Direktur HMSP.

Paul Janelle, selanjutnya, akan memegang posisi managemen senior di induk perusahaan HMSP, yaitu di Philip Morris International Inc (PMI).

Selain menyetujui presiden direktur yang baru, RUPSLB ini juga menyetujui penunjukan Michael Scharer sebagai direktur yang membawahi operasi menggantikan Peter Haase, yang sudah memasuki masa pensiun.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Mantan Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Paul Janelle (kanan) dan Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Mindaugas Trumpaitis berbincang usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT HM Sampoerna Tbk. di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (18/11/2016). Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar PT HM Sampoerna Tbk. menyetujui Mindaugas Trumpaitis secara resmi menggantikan Paul Janelle sebagai Presiden Direktur Sampoerna.
"Saya sangat senang dan merupakan sebuah penghargaan luar biasa bagi saya untuk memimpin salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia," kata Trumpaitis, dalam konferensi pers.

Trumpaitis telah bergabung dengan PMI selama 18 tahun, di mana selama tiga tahun terakhir dia memimpin Rothmans, Benson & Hedges Inc, yang merupakan afiliasi PMI di Kanada.

Sebelumnya, ia bertugas sebagai managing director di afiliasi PMI di Meksiko. Memiliki gelar sarjana dan master dari Klaipeida University di Lithuania, Trumpaitis juga dipercaya mengelola bisnis PMI di negara-negara Baltik dan Finlandia. Trumpaitis memperoleh gelar Executive MBA dari INSEAD di Perancis.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Mindaugas Trumpaitis saat jumpa pers Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT HM Sampoerna Tbk. di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (18/11/2016). Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar PT HM Sampoerna Tbk. menyetujui Mindaugas Trumpaitis secara resmi menggantikan Paul Janelle sebagai Presiden Direktur Sampoerna.
"Saya siap bekerja sama dengan tim HMSP yang sangat berbakat untuk memastikan terwujudnya visi jangka panjang kami, sebagaimana tertuang dalam Filosofi Tiga Tangan, yakni untuk sepenuhnya mendukung konsumen dewasa, karyawan dan mitra usaha serta masyarakat luas," imbuh Trumpaitis.

Sementara itu, Michael Scharer yang kini menjabat sebagai Direktur Operasi HMSP memulai karirnya di Philip Morris Jerman pada 1997 dan telah memiliki berbagai pengalaman di pusat riset dan pengembangan PMI di Neuchatel, Swiss. '

Scharer sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Technical Services Asia untuk HMSP. Selain itu, ia juga pernah memimpin divisi operasi di PMI Malaysia.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Mantan Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Paul Janelle (kiri) dan Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Mindaugas Trumpaitis saat jumpa pers Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT HM Sampoerna Tbk. di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (18/11/2016). Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar PT HM Sampoerna Tbk. menyetujui Mindaugas Trumpaitis secara resmi menggantikan Paul Janelle sebagai Presiden Direktur Sampoerna.
Scharermemiliki gelar master di bidang teknik mesin dan managemen bisnis yang diperolehnya dari Technical University Vienna, Austria.

"Kami percaya Michael Scharer adalah orang yang tepat untuk memastikan HMSP dapat terus menghasilkan produk bermutu tinggi sesuai dengan ekspektasi konsumen dewasa," komentar Presiden Komisaris HMSP John Gledhill melalui rilis.

HMSP baru-baru ini melaporkan pangsa pasar sebesar 34,5 persen dan pendapatan bersih (tidak termasuk pajak cukai) sebesar Rp 31,8 triliun, pada kuartal III 2016.

(Baca: Mindaugas Trumpaitis, Bos Baru Sampoerna Pengganti Paul Norman Janelle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com