Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bedanya Keuntungan Membeli Rumah Baru dan Rumah Bekas

Kompas.com - 19/11/2016, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Membeli rumah idaman merupakan cita-cita hampir semua orang sebab rumah merupakan salah satu kebutuhan primer. 

Rumah juga dapat membawa keuntungan secara ekonomis baik dengan cara disewakan ataupun dijual di kemudian hari karena rumah, seperti properti lain pada umumnya, cenderung selalu mengalami peningkatan harga dari tahun ke tahun.

Namun peningkatan harga tersebut juga menjadi momok bagi Anda yang belum memiliki rumah, karena dana Anda mungkin sulit untuk membiayai pembelian rumah tersebut.

Dalam kondisi inilah Kredit Pemilikan Rumah atau KPR dapat menjadi solusi pembiayaan, karena Anda hanya perlu menyediakan uang muka dan sisanya dapat dibiayai oleh bank.

Dalam memilih rumah yang akan dibeli, salah satu pertimbangan utama adalah membeli rumah baru atau bekas.

Maklum saja, meskipun sama-sama memenuhi kebutuhan, namun keduanya tetap memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat dipertimbangkan:

a.    Membeli Rumah Bekas

•    Harga lebih murah
Rumah bekas pada umumnya lebih murah dibanding rumah baru dengan kondisi dan luas yang sama. Semakin lama usia rumah tersebut maka harganya juga makin murah. Bila Anda ingin membeli rumah bekas secara kredit, maka bank akan mengecek dan menilai terlebih dahulu rumah tersebut.

•    Lingkungan yang sudah terbentuk
Rumah bekas biasanya memiliki lingkungan yang sudah terbentuk, baik itu secara sosial maupun fasilitas. Artinya, dengan membeli rumah bekas maka biasanya sudah ada fasilitas umum seperti sekolah dan tempat ibadah di sekitar rumah tersebut. Begitu pula dengan rumah sekitar biasanya sudah dihuni oleh tetangga. Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu fasilitas dan juga lingkungan tetangga di sekitar rumah tersebut.

•    Dapat langsung ditempati
Rumah bekas biasa sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pokok seperti instalasi air, listrik, dan juga telepon. Tak jarang pula yang sudah dilengkapi dengan berbagai perabot dan juga perlengkapan rumah tangga. Selain itu, surat-surat pun juga telah diurus oleh pemilik lama, sehingga Anda hanya perlu melakukan balik nama atas surat pemilikan rumah.

•    Harus banyak memilih
Anda harus cermat dalam memilih rumah bekas karena bila ada kondisi yang tidak sesuai atau butuh perbaikan, maka Anda harus menyiapkan biaya untuk renovasi. Apalagi bagi rumah yang ditempati cukup lama, terkadang ada beberapa kerusakan seperti kebocoran di beberapa titik. Belum lagi bila ternyata ada hal yang kurang sesuai dengan selera Anda sehingga memerlukan renovasi. Besarnya biaya tergantung dari besar kecilnya renovasi yang Anda lakukan.  

b.    Membeli rumah baru

•    Mempunyai rumah sesuai selera
Membeli rumah baru dapat memberikan Anda kesempatan untuk lebih leluasa dalam mengatur tata letak dan segala atribut rumah, misalnya jumlah kamar, warna cat, hingga penataan aksesori ruangan.

•    Jaminan keamanan
Tren perumahan baru saat ini biasanya ditata dalam bentuk kelompok-kelompok kecil atau disebut juga dengan istilah cluster. Sistem cluster biasanya menyediakan sistem satu gerbang dengan penjagaan keamanan 24 jam sehingga keamanan lebih terjamin. Selain itu lalu lintas di cluster juga relatif sepi sehingga lebih aman dan tidak ramai

•    Punya perlindungan
Rumah baru biasanya memiliki garansi atau asuransi rumah sehingga bila terjadi kerusakan seperti misalnya keretakan atau kebocoran, maka Anda dapat menghemat biaya karena dapat memperbaiki dengan mengajukan klaim. Biasanya pihak developer juga menyediakan masa satu kali musim hujan untuk garansi kebocoran.

•    Lingkungan belum terbentuk
Rumah yang benar-benar baru biasanya belum memiliki lingkungan yang terbentuk sehingga Anda belum mendapat jaminan mengenai kelengkapan fasilitas umum. Bahkan tetangga pun juga masih minim, sehingga cenderung sepi. Hal ini tentu menimbulkan risiko seperti risiko keamanan.

Diskusikan Sebelum Membeli Rumah
Rumah bekas memiliki keuntungan utama berupa harga yang relatif lebih murah dan lingkungan yang sudah terbentuk, sementara rumah baru memberikan kebebasan dalam mengatur rumah sesuai selera. Diskusikan dengan seluruh anggota keluarga sehingga bisa sepakat dalam memilih rumah idaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com