Chappy Hakim Ditunjuk sebagai CEO Freeport Indonesia

Kompas.com - 20/11/2016, 17:21 WIB
Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal (Purn) Chappy Hakim. KOMPAS/ B JOSIE SUSILO HARDIANTOMantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal (Purn) Chappy Hakim.
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan tambang terbesar di Indonesia, PT Freeport Indonesia, menunjuk Chappy Hakim sebagai presiden direktur yang baru. Chappy merupakan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Mengutip Reuters, Minggu (20/11/2016), keputusan untuk mengangkat Chappy sebagai CEO Freeport Indonesia muncul sejalan dengan upaya unit bisnis Freeport-McMoran Inc yang berpusat di AS tersebut untuk memperpanjang kontrak operasional tambang tembaga super besar di Grasberg, Papua.

Sebelumnya, posisi CEO Freeport Indonesia kosong sejak Januari 2016 lalu. Sebelum Chappy, posisi tersebut diisi oleh Maroef Sjamsoeddin.

"Penunjukan ini dilakukan setelah melakukan konsultasi denhan pemerintah Indonesia. Kami sedang dalam proses memperoleh persetujuan resmi dari pemegang saham," ujar juru bicara Freeport Indonesia Riza Pratama.

Chappy yang merupakan mantan penerbang TNI AU, menjabat KSAU antara tahun 2002 hingga 2005. Freeport sendiri menginginkan kepastian perpanjangan kontrak sebelum berinvestasi sebesar 18 miliar dollar AS untuk memperluas operasional.

Akan tetapi, berdasarkan aturan yang saat ini berlaku, perusahaan tambang itu tak bisa secara legal memulai perundingan perpanjangan kontrak hingga 2019.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X