Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sasar Ekonomi Daerah, BTN Dukung "Tour de Borobudur"

Kompas.com - 20/11/2016, 18:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyatakan komitmennnya untuk mengembangkan perekonomian daerah melalui sektor pariwisata.

Hal ini diwujudkan melalui dukungan perseroan pada ajang BTN Tour de Borobudur (BTNTDB) XVI tahun 2016.

Ajang tersebut diharapkan memberikan dampak berganda terhadap perkembangan ekonomi masyarakat. Perhelatan tersebut merupakan event sepeda tahunan yang rutin dilaksanakan di Provinsi Jawa Tengah.

"Dengan rute yang ada, peserta tidak hanya sekadar menikmati pemandangan alam, tapi juga mendapatkan pengalaman wisata lain, seperti kuliner, dan budaya yang menjadi kekayaan wisata tiap daerah," kata Direktur Utama BTN Maryono dalam pernyataan resmi, Minggu (20/11/2016).

Alhasil, masyarakat di sekitar rute BTN Tour de Borobudur baik di Solo, Semarang, maupun Magelang bisa ikut dilibatkan, mulai dari penyewaan penginapan, wisata kuliner, kerajinan tangan, dan sebagainya.

"Kegiatan ekonomi masyarakat sekitar ikut berkembang dengan kehadiran BTN Tour de Borobudur," tuturnya.

Peran BTN dalam program pariwisata tidak hanya lewat even BTN TDB XVI, namun juga dalam program percepatan pengembangan 10 destinasi wisata yang dicanangkan pemerintah.

Salah satu kontribusinya adalah Bank BTN berkomitmen mengucurkan pembiayaan ke sektor perhotelan pariwisata.

"Kami fokus pada pembiayaan homestay yang dikelola masyarakat atau komunitas di 10 destinasi wisata prioritas. Dana pinjaman tersebut bisa digunakan untuk konstruksi, revitalisasi atau pembelian properti," ujar Maryono.

Dalam BTN TDB XVI, para peserta akan merasakan langsung manfaat dari tabungan Bank BTN dan Digital Solution yang diberikan BTN, misalnya pembukaan rekening secara online, transfer lewat mobile banking maupun internet banking dan menikmati transaksi yang mudah dengan kartu B-Link, uang elektronik untuk berbelanja di arena BTN Tour de Borobudur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com