Kompas.com - 21/11/2016, 11:12 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mendapatkan penghargaan sebagai 'Top Companies to Work for in Asia' pada ajang Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards 2016 (ACES). Penghargaan yang diselenggarakan oleh MORS Group itu diberikan kepada perusahaan maupun individu di dua domain di Asia, yaitu kepemimpinan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh CEO MORS Group, Shanggari Balakrishnan, kepada Direktur Human Capital Management Telkom, Herdy Harman di Shangri-La Hotel, Singapura, Kamis (17/8/2016) lalu. Telkom dinilai mampu menunjukkan komitmen kuat terhadap pemberdayaan dan pengembangan karyawannya melalui pendekatan people-centric.

Komitmen itu dibuktikan dengan dukungan penuh perusahaan terhadap program-program investasi sumber daya manusia mulai dari pengakuan dan retensi, peningkatan kepuasan kerja karyawan, praktik komunikasi yang fair dan transparan serta menyelenggarakan work life balance. Perusahaan BUMN tersebut juga diakui atas dukungannya terhadap pengelolaan talent pool yang mampu menghidupkan pengembangan pengetahuan karyawan melalui forum-forum knowledge sharing.

"Sebagai perusahaan telekomunikasi digital, kami selalu merencanakan kebutuhan dan pengembangan SDM untuk memenuhi ekspetasi para pemangku kebijakan. Kami sadar bahwa praktik human capital yang efektif menjadi bagian penting dalam transformasi organisasi dan meningkatkan kinerja perseroan," ujar Herdy Harman.

Adapun keseriusan menggunakan pendekatan people-centric dalam pengelolaan SDM diperlihatkan mulai proses rekrutmen, pengembangan kompetensi, hingga proses retirement dengan paradigma fun, love, dan care yang memotivasi karyawan untuk senantiasa menjadi karyawan terbaik.

Herdy mengatakan, sejauh ini Telkom Great People Trainee Program (GPTP), Great People Development Program (GPDP), Great People Scholarship Program (GPSP), Great People Managerial Progam (GPMP) dan Great People Retirement Program (GPRP) yang menunjukkan bahwa SDM merupakan motor utama dalam perusahaan yang harus diperhatikan dengan baik, bukan sekadar teknologi.

"Kami juga membuka peluang besar bagi seluruh karyawan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menyalurkan minat dan bakat karyawan," ujar Herdy. 

Penyaluran minat dan bakat itu dilakukan melalui Employee Volunteer Program (EVP). Cakupan EVP sangat luas, mulai bidang sosial, religi, budaya, dan olahraga.

"Kegiatan ini diapresiasi melalui penilaian atau scoring pada sistem pengelolaan karir perusahaan yang berkontribusi terhadap kesuksesan karir pegawai," ujarnya.

Tahun ini ACES Award diikuti oleh sekitar 185 perusahaan se-Asia. Melalui event ini, diharapkan perusahaan dan para pemimpinnya senantiasa berbagi keunggulan mereka untuk belajar dan bertukar ide-ide baru dengan karyawan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.