Menko Darmin Sesalkan Masih Ada Pejabat Ditjen Pajak yang "Main-main"

Kompas.com - 22/11/2016, 17:15 WIB
Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution di Jakarta, Senin (21/11/2016). Iwan Supriyatna/Kompas.comMenteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution di Jakarta, Senin (21/11/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyesalkan masih adanya oknum pegawai pajak yang main-main.

Hal itu menyusul tangkap tangan terhadap oknum pejabat Direktorat Jenderal Pajak oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Itu memang contoh (pejabat) tidak bagus ya kan," ujar Darmin di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Tangkap tangan terhadap pejabat Ditjen Pajak itu, tutur Darmin, bertepatan dengan upaya reformasi sektor perpajakan yang sedang disiapkan pemerintah. Bahkan, tutur dia, pemerintah sedang menyiapkan aturan reformasi perpajakan.

"Sebetulnya kami sedang membahasnya beberapa waktu terakhir ini, sayang ada itu (kasus suap oknum Ditjen Pajak)," kata Darmin.

Dia mengatakan, pemerintah akan berupaya menunjukkan kesungguhan kepada masyarakat bahwa agenda reformasi pajak tetap akan dilakukan meski ada kasus suap.

Bila tidak ada kendala, lanjut Darmin, aturan atau kebijakan baru terkait reformasi pajak akan dikeluarkan pemerintah pada pekan depan.

Saat ditanya apakah kasus tangkap tangan oknum pejabat pajak akan berdampak pada kepercayaan wajib pajak, Darmin tidak mau berspekulasi.

"Ya hanya satu kasus, masa semuanya (kena). Akan tetapi, saya enggak tahu seperti apa (dampaknya)," kata Darmin.

Kompas TV KPK OTT Seorang Oknum Pejabat Ditjen Pajak
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.