Exxon Memulai Pengeboran Lepas Pantai Afrika Barat

Kompas.com - 24/11/2016, 17:22 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorM Fajar Marta

NEW YORK, KOMPAS.com - ExxonMobil Exploration dan Production Liberia Limited, sebuah afiliasi dari ExxonMobil ( NYSE: XOM ), telah memulai pengeboran eksplorasi laut lepas pantai Afrika Barat pertama untuk dioperasikan bersama mitra Exxon dalam proyek ini, Kanada Overseas Petroleum Ltd.

Perusahaan Kanada tersebut memiliki hak pengelolaan 17 persen di Blok LB-13 lepas pantai Liberia, sementara ExxonMobil adalah operator dengan hak pengelolaan 83 persen.

"Kami menghargai mosi percaya dari pemerintah Liberia terhadap kemampuan kami untuk membantu mengembangkan sumber daya hidrokarbon," demikian pernyataan Exxon, dikutip dari Oilprice.com, Kamis (24/11/2016).

Bulan lalu, Exxon mengatakan mereka siap untuk memulai pengeboran lepas pantai Liberia bulan ini.

Usaha Exxon ke dalam pengeboran lepas pantai Liberia bertepatan dengan perginya perusahaan eksplorasi migas independen Liberia, Africa Petroleum karena kontraknya telah berakhir dan tidak diperpanjang.

Menurut US Geological Survey, Pesisir Afrika Barat - yang terdiri dari pantai sepanjang Sierra Leone, Liberia dan Pantai Gading - diperkirakan memiliki volume sekitar 3,2 miliar barel minyak, 23,629 triliun kaki kubik gas, dan 721 juta barel gas alam cair.

Ukuran rata-rata estimasi ladang minyak yang diharapkan untuk ditemukan adalah 783 juta barel minyak, sedangkan ukuran rata-rata lapangan gas yang diharapkan adalah 4,695 triliun kaki kubik gas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X