Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Exxon Memulai Pengeboran Lepas Pantai Afrika Barat

Kompas.com - 24/11/2016, 17:22 WIB
Estu Suryowati

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - ExxonMobil Exploration dan Production Liberia Limited, sebuah afiliasi dari ExxonMobil ( NYSE: XOM ), telah memulai pengeboran eksplorasi laut lepas pantai Afrika Barat pertama untuk dioperasikan bersama mitra Exxon dalam proyek ini, Kanada Overseas Petroleum Ltd.

Perusahaan Kanada tersebut memiliki hak pengelolaan 17 persen di Blok LB-13 lepas pantai Liberia, sementara ExxonMobil adalah operator dengan hak pengelolaan 83 persen.

"Kami menghargai mosi percaya dari pemerintah Liberia terhadap kemampuan kami untuk membantu mengembangkan sumber daya hidrokarbon," demikian pernyataan Exxon, dikutip dari Oilprice.com, Kamis (24/11/2016).

Bulan lalu, Exxon mengatakan mereka siap untuk memulai pengeboran lepas pantai Liberia bulan ini.

Usaha Exxon ke dalam pengeboran lepas pantai Liberia bertepatan dengan perginya perusahaan eksplorasi migas independen Liberia, Africa Petroleum karena kontraknya telah berakhir dan tidak diperpanjang.

Menurut US Geological Survey, Pesisir Afrika Barat - yang terdiri dari pantai sepanjang Sierra Leone, Liberia dan Pantai Gading - diperkirakan memiliki volume sekitar 3,2 miliar barel minyak, 23,629 triliun kaki kubik gas, dan 721 juta barel gas alam cair.

Ukuran rata-rata estimasi ladang minyak yang diharapkan untuk ditemukan adalah 783 juta barel minyak, sedangkan ukuran rata-rata lapangan gas yang diharapkan adalah 4,695 triliun kaki kubik gas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com