Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Akan Tingkatkan Penerbangan ke China dan Timur Tengah Tahun Depan

Kompas.com - 24/11/2016, 20:12 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Arif Wibowo mengatakan, tahun 2017 nanti maskapai penerbangan nasional pelat merah tersebut akan makin gencar menerbangi wilayah udara China dan Timur Tengah untuk rute internasional.

Arif mengatakan, jumlah penumpang yang diangkut ke China ditargetkan tumbuh 50 persen pada tahun depan. Sementara itu, jumlah penumpang yang diangkut ke Timur Tengah ditargetkan tumbuh 21,2 persen.

"Ini menjadi bagian penting dari GIAA untuk ikut mendorong pertumbuhan angkutan udara, dan kami ingin mempertahankan market share," kata Arif saat ditemui di sela-sela Kompas 100 CEO Forum di Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Garuda Indonesia akan membuka rute baru Denpasar-Chengdu pada Januari 2017. Arif menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa GIAA gencar menambah penerbangan ke China.

"Pertama, traffic penerbangan di China itu prospektif dibandingkan pasar internasional lainnya. Kedua, setiap tahun ada 100 juta traveler China, dan yang masuk ke Indonesia baru 1-2 juta.

Jadi, China ini masih menjadi peluang besar," kata Arif. Sementara itu, untuk petumbuhan penerbangan domestik, GIAA menargetkan pertumbuhan wilayah Timur sebesar 12,5 persen. Sedangkan wilayah barat ditargetkan tumbuh 6,7 persen pada tahun 2017.

"Wilayah Timur akan merata. Destinasi wisata akan membutuhkan konektivitas dan aksesibilitas," kata Arif dalam forum.

Untuk menyokong ekspansi rute dan frekeunsi penerbangan, GIAA akan menambah sembilan armada pada tahun depan. Sebanyak lima armada di antaranya, yang berjenis Airbus 320, diperuntukkan anak usaha Citilink.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com