Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahkan Transaksi, BP Batam Gandeng Perbankan

Kompas.com - 28/11/2016, 17:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengusahaan (BP) Batam menjalin kerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk guna mempermudah dan mempercepat transaksi penerimaan BP Batam dari para pengguna fasilitas di kawasan Batam.

Sebelumnya, BP Batam sudah menjalin kerja sama serupa dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk.

Deputi bidang Administrasi dan Umum BP Batam Sigit Priadi Pramudito mengungkapkan, kerja sama dengan perbankan dapat mendorong peningkatan penerimaan BP Batam. Pasalnya, selama ini banyak penerimaan yang belum atau tidak terlaporkan dengan baik.

Sigit menjelaskan, pencatatan yang kurang baik tersebut terjadi karena banyak penerimaan diperoleh melalui pembayaran tunai.

Dengan kerja sama dengan perbankan, setiap penerimaan bisa direkam dan dicatat dengan baik.

"Tentu makin transparan, semua bisa dideteksi. Semua penerimaan bisa tercatat dengan baik, biasanya tidak terlaporkan karena (dibayar) cash," kata Sigit di Plaza Mandiri, Senin (28/11/2016).

Menurut Sigit, secara year to date hingga bulan November 2016, penerimaan pelabuhan BP Batam mencapai Rp 400 miliar. Penerimaan tersebut merupakan 30 persen dari total penerimaan BP Batam.

Sigit mengungkapkan, pihaknya tidak menutup kerja sama penerimaan tersebut dengan bank tertentu. Bank lainnya pun dipersilakan untuk menjalin kerja sama untuk memudahkan pengguna fasilitas BP Batam.

"Jadi nasabah itu bebas memilih bank mana saja. Saat ini kebetulan yang ada  Bank Mandiri dan BNI," terang Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com