Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindikasi Bank Mandiri Biayai Proyek Jalan Tol Batang-Semarang

Kompas.com - 29/11/2016, 18:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan keikutsertaannya dalam sindikasi pembiayaan proyek Tol Batang-Semarang. Perseroan pun menyatakan ikut serta dalam sindikasi proyek Tol Balaraja.

"Kami ikut sindikasi tol yang di Batang-Semarang dan Balaraja," kata Direktur Corporate Banking Royke Tumilaar di Kementerian BUMN, Selasa (29/11/2016).

Royke menjelaskan, Bank Mandiri akan bergabung dalam banyak proyek sindikasi, khususnya proyek pemerintah.

Pelaksana proyek Tol Batang-Semarang adalah Jasa Marga dan sindikasi dilakukan dengan bank BUMN maupun bank swasta.

Menurut Royke, pembiayaan dilakukan secara sindikasi lantaran tidak mungkin sebuah proyek infrastruktur hanya dibiayai oleh satu bank. Kredit korporasi Bank Mandiri memang lebih banyak disalurkan melalui skema sindikasi.

Proyek Tol Batang-Semarang membutuhkan pembiayaan sekira Rp 2 triliun hingga Rp 3 triliun. Sindikasi kredit untuk proyek tersebut dilakukan oleh dua hingga tiga bank. Namun demikian Royke menyatakan Bank Mandiri merupakan pihak mayoritas.

Sektor kredit korporasi Bank Mandiri pada tahun 2017 mendatang masih akan didorong oleh sektor infrastruktur. Royke menyatakan, sektor infrastruktur memiliki porsi sekira 30 hingga 40 persen dari total kredit korporasi Bank Mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com