Ini Penyebab Inflasi Komponen Inti November Terendah sejak 2014

Kompas.com - 01/12/2016, 12:47 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi komponen inti pada November 2016 sebesar 3,07 persen adalah yang terendah sejak tahun 2004.

"Inflasi komponen inti November ini adalah inflasi inti yang terendah sejak 2004," ujar Kepala Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo, di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Sasmito mengatakan, beberapa penyebab dari rendahnya inflasi komponen inti sejak tahun 2004 lalu antara lain adalah ekspor impor Indonesia yang masih cukup rendah.

"Ekspor dan impor masih minus (tahun ini dibandingkan tahun lalu). Ini juga menjadi penyebab," ujarnya.

Hanya, rendahnya inflasi komponen inti ini diharapkan telah mencapai titik terendah. Sebab, rendahnya inflasi komponen inti juga berdampak bagi ekonomi Indonesia.

"Mudah-mudahan ini bottom line. Saya harap bisa baik meskipun secara tipis," ucap Sasmito.

Sekadar informasi, inflasi sepanjang November 2016 sebesar 0,47 persen atau lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya, yang sebesar 0,14 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, inflasi pada tahun kalender tercatat sebesar 2,59 persen, dan inflasi tahun ke tahun atau year on year (YOY) sebesar 3,58 persen. Adapun inflasi komponen inti YOY tercatat sebesar 3,07 persen atau terendah sejak tahun 2004.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.